Login Pendaftaran Sekolah Kedinasan SSCASN.BKN.GO.ID Buat Akun Pendaftaran Portal SSCASN

  • Whatsapp
Login Pendaftaran Sekolah Kedinasan SSCASN.BKN.GO.ID Buat Akun Pendaftaran Portal SSCASN
Tangkap layar/Login Pendaftaran Sekolah Kedinasan SSCASN.BKN.GO.ID Buat Akun Pendaftaran Portal SSCASN

KALBAR SATU – Bila berminat daftar sekolah kedinasan, maka segera login ke website sscasn.bkn.go.id untuk mengikuti proses pendaftaran pegawai negeri sipil jalur sekolah kedinasan. 

Diketahui, Pembukaan pendaftaran CPNS sekolah kedinasan mulai hari ini Jumat 9 April 2021 mulai pukul 09.00 WIB, seperti dikutip dari Tribunnews.com 

Bacaan Lainnya

Login pada akun sscasn untuk membuat akun daftar CPNS sekolah kedinasan. 

“Proses pendaftaran dilakukan melalui satu portal https://sscasn.bkn.go.id dan pendaftar hanya bisa melamar pada satu sekolah kedinasan,” kata Suharmen dikutip dari Tribunnews, Kamis 8 April 2021.

Suharmen menambahkan, BKN menyiapkan proses seleksi terintegrasi berbasis one stop recruitment rervices.

Artinya rangkaian pendaftaran, informasi seleksi, sampai dengan layanan helpdesk peserta tersedia dalam satu portal.

Tahapan seleksi sekolah kedinasan dijadwalkan akan berlangsung sampai dengan 30 Juni 2021, meliputi:

* Pendaftaran online 9 – 30 April 2021

* Seleksi administrasi 10 April – Mei 2021

* Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan seleksi lanjutan pada 24 Mei – 30 Juni 2021.

“Pada portal SSCASN, menyediakan tersedia laman informasi program studi yang dibuka disertai persyaratan bagi pelamar yang akan melamar sekolah kedinasan, periode pendaftaran, batas usia, batas atas dan batas bawah usia mendaftar, link portal dan call center seluruh sekolah kedinasan yang membuka rekrutmen, dan pengumuman lain-lain,” kata Suharmen.

Suharmen menambahkan, pembukaan portal, pelamar terlebih dahulu membuat akun dengan menggunakan nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK), melakukan pengisian data akun, dan mencetak kartu informasi akun.

Proses pendaftaran dilanjutkan dengan pemilihan sekolah kedinasan dan memenuhi persyaratan lainnya.

Suharmen mengingatkan agar peserta memastikan data-data yang sudah diinput ke dalam portal SSCASN sudah tepat sebelum mengakhiri pendaftaran lewat klik tombol submit karena peserta yang sudah mengakhiri pendaftaran (klik submit), tidak dapat memperbaiki data dan mengulang pendaftaran.

Jika dalam proses pendaftaran para pelamar menemui kendala, silakan mengakses menu Frequently Asked Questions (FAQ) [klik] dalam portal SSCASN.

Dalam menu FAQ pelamar disuguhkan pertanyaan dan jawaban atas kendala yang umumnya ditemui pelamar.

“Salah satu pertanyaan dan jawaban yang ditayangkan dalam menu FAQ yakni mengenai langkah yang harus dilakukan pelamar apabila terdapat ketidaksesuaian data antara nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK)/NIK Kepala Keluarga,” tutupnya.

Dokumen yang Disiapkan

Pelamar wajib mengetahui ketentuan-ketentuan terkait jurusan, pendidikan dan sekolah kedinasan yang dilamar.

Setiap jurusan dan sekolah kedinasan memiliki persyaratan yang berbeda.

Sebelum melakukan pendaftaran, pastikan pelamar telah mempersiapkan dokumen-dokumenyang diperlukan.

Dokumen tersebut terdiri dari :

1. Kartu Keluarga

2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)

3. Ijazah

4. Rapor SMA/Sederajat

5. Pas foto

6. Dokumen lain sesuai ketentuan instansi yang akan dilamar.

Dilansir dari dikdin.bkn.go.id, delapan instansi yang membuka pendaftaran sekolah kedinasan yakni:

1. Sekolah Kedinasan Kementerian Perhubungan

Informasi alur pendaftaran sistem seleksi sekolah kedinasan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), yakni:

* Pelamar mengaksesportal di SSCASN dialamat https://sscasn.bkn.go.id

* Membuat akun SSCN sekolah kedinasan 2021 dan mencetak Kartu Informasi Akun

* Log In ke SSCN Sekolah Kedinasan dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan

* Upload swafoto, memilih Sekolah Kedinasan, kemudian melihat pengumuman tata cara pembayaran formulir pendaftaran di https://sipencatar.dephub.go.id [DI SIN]

* Melakukan pembayaran formulir pendaftaran dan menyimpan bukti pembayaran tersebut

* Melengkapi nilai upload berkas & bukti pembayaran formulir pendaftaran

* Verifikator instansi melakukan verifikasi data atau berkas pelamar yang telah masuk

* Pelamar Log In ke SSCN mengecek status kelulusan verifikasi administrasi

* Mendapatkan kode billing untuk melakukan pembayaran tes seleksi bagi pelamar yang lulus verifikasi

* Mencetak Kartu Ujian di SSCN setelah pembayaran diterima dan dikonfirmasi oleh sistem

* Mengikuti proses seleksi sesuai dengan ketentuan instansi

* Informasi status kelulusan pelamar akan diumukan oleh Panitia Seleksi Sekolah Kedinasan instansi dapat dilihat di SSCN

2. Sekolah Kedinasan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia

Kemenkum-HAM membuka dua Sekolah Kedinasan 2021, yakni Sekolah Kedinasan Politeknik Ilmu Permasyarakatan (Poltekip) dan Politeknik Imigrasi (Poltekim).

Adapun informasi alur pendaftarannya, antara lain:

* Pelamar mengakses portal di SSCASN dialamat https://sscasn.bkn.go.id [DI SIN]

* Membuat akun SSCN sekolah kedinasan 2021 dan mencetak Kartu Informasi Akun

* Login ke SSCN Sekolah Kedinasan dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan

* Upload swafoto, memilih Sekolah Kedinasan, melengkapi Nilai password , upload berkas, melengkapi biodata

* Mengecek resume dan mencetak kartu pendaftaran

* Verifikator Instansi melakukan verifikasi data atau berkas pelamar yang telah masuk

* Pelamar Log In ke SSCN mengecek status kelulusan verifikasi administrasi

* Mencetak kartu ujian di SSCN bagi pelamar yang lulus verifikasi

* Mengikuti proses seleksi sesuai dengan ketentuan instansi

* Informasi status kelulusan pelamar akan diumumkan oleh Panitia Seleksi Sekolah Kedinasan Instansi di SSCN

3. Sekolah Kedinasan Kementerian Dalam Negeri

Kemendagri membuka sekolah kedinasan Sekolah Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) pada Tahun Ajaran 2021.

Informasi alur pendaftaran Sekolah IPDN Tahun Ajaran 2021:

* Pelamar mengakses portal SSCASN dialamat https://sscasn.bkn.go.id [DI SIN]

* Membuat akun SSCN Sekolah Kedinasan 2021 dan mencetak Kartu Informasi Akun

* Login ke SSCN Sekolah Kedinasan dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan

* Upload swafoto, memilih lokasi formasi sesuai NIK domisili, melengkapi Nilai, upload berkas

* Mengecek resume dan mencetak kartu pendaftaran

* Verifikator instansi melakukan verifikasi data dan berkas pelamar yang telah masuk

* Pelamar Log In ke SSCN, mengecek status kelulusan verifikasi administrasi

* Pelamar mendapatkan kode billing dan melakukan proses pembayaran (bagi pelamar yang lulus verifikasi)

* Mencetak kartu ujian di SSCN setelah pembayaran diterima dan diverifikasi oleh sistem

* Mengikuti proses seleksi sesuai dengan ketentuan instansi

* Informasi status kelulusan pelamar akan diumumkan oleh Panitia Seleksi Sekolah Kedinasan instansi dapat dilihat di SSCN

4. Sekolah Kedinasan Kementerian Keuangan

Berdasarkan siaran pers Nomor SP-01/BPPK/2021 tahapan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) tahun 2021 akan menggunakan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2021 oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Oleh karena itu, para peserta yang berminat untuk mengikuti SPMB PKN STAN tahun 2021 diminta agar dapat mengikuti UTBK tahun 2021.

Informasi alur pendaftaran Sistem Seleksi Sekolah kedinasan Politeknik Keuangan Negara (STAN) pada tahun 2021 adalah sebagai berikut:

* Pelamar mengakses portal SSCASN dialamat https://sscasn.bkn.go.id [DI SIN]

* Membuat akun SSCN Sekolah Kedinasan 2021 dan mencetak Kartu Informasi Akun

* Login ke SSCN Sekolah Kedinasan dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan

* Upload swafoto, memilih Sekolah Kedinasan, melengkapi Nilai, upload berkas, melengkapi biodata

* Mengecek resume dan mencetak kartu pendaftaran

* Pelamar melanjutkan proses pendaftaran, pembayaran dan pemilihan prioritas spesialisasi di portal https://www.spmb.pknstan.ac.id/ [DI SIN]

* Verifikator Instansi melakukan verifikasi data atau berkas pelamar yang telah masuk

* Pelamar log in ke SSCN menggecek status kelulusan verifikasi administrasi

* Mencetak Kartu Ujian di SSCN setelah pembayaran diterima dan dikonfirmasi oleh sistem

* Mengikuti proses seleksi sesuai dengan ketentuan instansi

* Informasi status kelulusan pelamar akan diumumkan oleh Panitia Seleksi Sekolah Kedinasan instansi di SSCN

5. Sekolah Kedinasan Badan Intelijen Negara (BIN)

BIN juga membuka pendaftaran Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) di Bogor, Jawa Barat.

Informasi alur pendaftaran Sistem Seleksi Sekolah STIN pada tahun 2021 adalah sebagai berikut:

* Pelamar mengakses portal SSCASN dialamat https://sscasn.bkn.go.id [DI SIN]

* Membuat akun SSCN Sekolah Kedinasan 2021 dan mencetak Kartu Informasi Akun

* Login ke SSCN Sekolah Kedinasan dengan menggunakan NIK dan passwordyang telah didaftarkan

* Upload swafoto, memilih Sekolah Kedinasan, melengkapi Nilai dan melengkapi biodata

* Mengecek resume dan mencetak kartu pendaftaran

* Pelamar melanjutkan proses pendaftaran dan pengunggahan dokumen persyaratan diportal STIN http://stin.ac.id [DI SIN]

* Verifikator Instansi melakukan verifikasi data atau berkas pelamar yang telah masuk

* Pelamar log in ke SSCN menggecek status kelulusan verifikasi administrasi

* Mencetak Kartu Ujian di SSCN setelah dinyatakan lulus verifikasi

* Membayar biaya tes CAT on the spot

* Mengikuti proses seleksi sesuai dengan ketentuan instansi

* Informasi status kelulusan pelamar akan diumumkan oleh Panitia Seleksi Sekolah Kedinasan instansi di SSCN

6. Sekolah Kedinasan Badan Pusat Statistik (BPS)

BPS membuka Sekolah Kedinasan yakni Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS).

Informasi alur pendaftaran Sistem Seleksi STIS:

* Pelamar mengakses portal SSCASN dialamat https://sscasn.bkn.go.id [DI SIN]

* Membuat akun SSCN Sekolah Kedinasan 2021 dan mencetak Kartu Informasi Akun

* Login ke SSCN Sekolah Kedinasan dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan

* Upload swafoto, memilih Sekolah Kedinasan, melengkapi Nilai, upload berkas dan melengkapi biodata

* Mengecek resume dan mencetak Kartu Pendaftaran

* Pelamar melanjutkan proses pendaftaran dan pengunggahan dokumen persyaratan diportal STIS http://stis.ac.id [DI SIN]

* Verifikator Instansi melakukan verifikasi data atau berkas pelamar yang telah masuk

* Pelamar login ke SSCN menggecek status kelulusan verifikasi administrasi dan mendapat kode billing untuk melakukan pembayaran

* Mencetak Kartu Ujian di SSCN setelah pembayaran diterima dan dikonfirmasi oleh sistem

* Mengikuti proses seleksi sesuai dengan ketentuan instansi

* Informasi status kelulusan pelamar akan diumumkan oleh Panitia Seleksi Sekolah Kedinasan instansi di SSCN

7. Sekolah Kedinasan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)

BMKG membuka pendaftaran sekolah kedinasan dari instansinya yakni Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika.

Alur pendaftaran Sistem Seleksi Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika pada tahun 2021, yakni:

* Pelamar mengakses portal SSCASN dialamat https://sscasn.bkn.go.id [DI SIN]

* Membuat akun SSCN Sekolah Kedinasan 2021 dan mencetak Kartu Informasi Akun

* Login ke SSCN Sekolah Kedinasan dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan

* Upload swafoto, memilih sekolah kedinasan, melengkapi Nilai, upload berkas, melengkapi biodata

* Mengecek resume dan mencetak kartu pendaftaran

* Verifikator instansi melakukan verifikasi data atau berkas pelamar yang telah masuk

* Pelamar Log In ke SSCN, mengecek status kelulusan verifikasi administrasi

* Pelamar yang lulus verifikasi mendapatkan 2 (dua) kode billing (untuk CAT BKN dan tes seleksi sekolah kedinasan) dan melakukan proses pembayaran

* Mencetak kartu ujian di SSCN setelah pembayaran diterima dan dikonfirmasi oleh sistem

* Mengikuti proses seleksi sesuai dengan ketentuan instansi

* Informasi status kelulusan pelamar akan diumumkan oleh Panitia Seleksi Sekolah Kedinasan instansi dapat dilihat di SSCN

8. Sekolah Kedinasan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN)

Terakhir, sekolah kedinasan yang dibuka yakni Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN).

Berikut rincian informasi pendaftaran sistem seleksi STSN:

* Pelamar mengakses portal SSCASN dialamat https://sscasn.bkn.go.id [DI SIN]

* Membuat akun SSCN Sekolah Kedinasan 2021 dan mencetak Kartu Informasi Akun

* Login ke SSCN Sekolah Kedinasan dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan

* Upload swafoto, memilih sekolah kedinasan, melengkapi Nilai, upload berkas dan melengkapi biodata

* Mengecek resume dan mencetak kartu pendaftaran

* Verifikator instansi melakukan verifikasi data dan berkas pelamar yang telah masuk

* Pelamar Log In ke SSCN, mengecek status kelulusan verifikasi administrasi

* Pelamar mendapatkan kode billing dan melakukan proses pembayaran (bagi pelamar yang lulus verifikasi)

* Mencetak kartu ujian di SSCN setelah pembayaran diterima dan dikonfirmasi oleh sistem

* Mengikuti proses seleksi sesuai dengan ketentuan instansi

* Informasi status kelulusan pelamar akan diumumkan oleh Panitia Seleksi Sekolah Kedinasan instansi dapat dilihat di SSCN. #

Pos terkait

Tinggalkan Balasan