Peduli Covid 19, KBM Berbagi Takjil di Bulan Ramadhan

  • Whatsapp
Tampak ketua DPC GMNI Pontianak, Vandius Pandi membagikan takjil kepada pengendara motor,- Foto: Syamsuddin.

KALBARSATU.ID – Covid 19 telah berdampak krusial terhadap kehidupan manusia, bukan hanya soal kesehatan namun juga berdampak terhadap ekomoni masyarakat. Dampak itu sangat dirasakan khususnya masyarakat menengah ke bawah.

Sejauh ini pemerintah sudah melakukan berbagai upaya untuk menangani wabah mematikan itu, mulai dari memberi bantuan paket sembako, bantuan langsung tunai, bahkan pembatasan aktivitas sosial.

Namun demikian masih ramai orang beraktivitas di luar rumah untuk mencari nafkah hidup, seperti ojek daring (online), pekerja lepas, pemulung, buruh harian dan tukang becak, bahkan di bulan puasa seperti saat ini aktivitas itu tampak ramai memadati ruang-ruang lalu lintas.

Baca juga: Keluarga Besar Marhaenis Serahkan APD Kepada RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Pontianak

Melihat situasi itu, Keluarga Besar Marhaenis (KBM) Kalbar yang terdiri Persatuan Alumni (PA) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kalbar, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) GMNI Pontianak, Badan Pertolongan Nasional (Bapena) Kalbar dan Komunitas Jagat Pramudita (KJP) terus berbagi atas nama kemanusiaan terhadap masyarakat terdampak Covid 19.

Keli ini KBM bertepatan di bulan suci ramadhan berbagi takjil di depan Sekretariat DPD PA GMNI Kalbar atau di posko Covid 19, Jalan Danau Sentarum samping rumah makan taraso Kota Pontianak.

“Takjil ini kita bagikan setiap hari, menjelang berbuka puasa. Secara umum takjil ini kita sediakan untuk masyarakat umum, lebih khusus kepada masyarakat terdampak Covid 19, namun masih mencari nafkah ditengah wabah ini,” kata Mawardi, Pengurus PA GMNI Kalbar saat diwawancara oleh KALBARSATU.ID, Selasa (28/4/2020).

Dia menambahkan, situasi seperti saat ini semua elemen merasa terpanggil untuk membantu pemerintah khusus masyarakat yang terdampak Covid 19, begitu juga keluarga besar marhaenis tentu selalu siap hadir untuk mengabdikan diri kepada masyarakat, negara dan bangsa.

“Kita sebagai organisasi kerakyatan akan selalu ada untuk negara dan bangsa, apalagi saat negara membutuhkan, karena semua elemen perlu saling bahu-membahu menangani Covid 19,” tambahnya.

Selain itu, kata dia, ribuan masker masih dalam proses pembuatan, nanti setelah jadi akan dibagikan kepada masyarakat secara cuma-cuma seperti yang sudah-sudah. Tidak sebatas itu, rupanya KMB juga akan membagikan 1000 paket sembako dipertengahan bulan ramadhan nanti. (Zbr)

Gerindra Kalbar