Scroll untuk baca artikel
Pemilu 2024
DaerahTerkini

Premanisme di Sintang Akan Ditindak Tegas

148
×

Premanisme di Sintang Akan Ditindak Tegas

Sebarkan artikel ini
Premanisme di Sintang Akan Ditindak Tegas
Premanisme di Sintang Akan Ditindak Tegas (ILUSTRASI)

SINTANG, KALBAR SATU – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Terbitkan Surat Telegram (ST) guna menciptakan situasi aman kepada masyarakat di pelabuhan.

Surat Telegram diterbitkan karena banyaknya aksi premanisme dan pungutan liar (pungli) di kawasan pelabuhan.

Advertiser
Banner Ads

Terkait ST, setidaknya ada lima isi surat telegram yang ditujukan ke Polda jajaran. Dua di antara isinya, Polda jajaran diminta melaksanakan penegakan hukum terhadap segala aksi premanisme di kawasan pelabuhan yang ada di wilayah masing-masing.

ST itu untuk meningkatkan upaya pencegahan pungutan liar bersama unit pemberantasan pungli di kawasan pelabuhan di wilayah masing-masing.

Menindaklanjuti ST itu, Kasat Reskrim Polres Sintang, AKP Hoeerudin menegaskan akan menindaklanjuti instruksi Kapolri tersebut.

Berita Kalbar Lainnya: Kecelakaan Beruntun di Bundaran Untan Pontianak, Satu Meninggal Dunia

“Terkait premanisme kita monitor terus dan apabila ditemukan akan kita tindak tegas. Untuk sementara ini, belum ada yang kita amankan. Sementara ini, Jatanras tetap monitor,” kata Hoerrudin kepada Tribun Pontianak, Kamis 17 Juni 2021.

Dari pemetaan pihak kepolisian, sektor yang rawan terjadinya pungli dan premanisme di tempat keramaian, seperti terminal, hingga pasar.

“Tempat perkumpulan orang dan barang seperti terminal, pelabuhan dan pasar, serta tempat obvit,” jelasnya.

Kapolres Sintang, AKBP Ventie Bernad Musak, melalui Kasubag Humas Iptu Hariyanto menegaskan bila ada anggota yang terlibat dalam tindakan premanisme hingga pungli, apalagi adanya dukungan bukti dan fakta-fakta yang kuat akan ditindak tegas.

“Kita akan tindak sesuai dengan aturan yang berlaku di lingkungan Polri maupun proses hukum lainnya, kita tidak akan tolelir terhadap Anggota yang berprilaku tidak terpuji seperti itu.”

“Tentu proses hukum akan ditegakkan dan sanksinya sesuai dengan tindakan pelanggaran yang dilakukannya,” tegas Hariyanto. 

Terima Kasih Telah Membaca Artikel dengan Judul ” Premanisme di Sintang Akan Ditindak Tegas”

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita