Scroll untuk baca artikel
Terkini

Sejarah Hari Lahir Pancasila, Selasa 1 Juni 2021 Akan Diadakan Secara Virtual

212
×

Sejarah Hari Lahir Pancasila, Selasa 1 Juni 2021 Akan Diadakan Secara Virtual

Sebarkan artikel ini
%Kalbar Satu%

KALBAR SATU – Memperingati Hari Lahir Pancasila, setiap tanggal 1 juni ditetapkan sebagai hari lahir Pancasila yang merupakan dasar negara indonesia.atas dasar keputusan Presiden nomor 24 tahun 2016. Hari pancasila jatuh pada tanggal 1 Juni 2021 Dan ditetapkan sebagai tanggal merah dan hari libur nasional.

Sejarah lahirnya Pancasila sendiri adalah diambil dari judul pidato yang disampaikan oleh Soekarno pada 1 Juni 1945.

Advertiser
Banner Ads

singkatan dari BPIP (Badan Pembinaan Ideologi pancasila ) telah mengeluarkan surat edaran untuk segenap komponen bangsa dan masyarakat.

Baca juga :Lasarus: PDI Perjuangan Kalbar Dukung Syaikhona Kholil Bangkalan Jadi Pahlawan Nasional

Dalam rapat Dokuritsu Junbi Cosakai atau Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) menyatakan bahwa pada setiap 1 Juni diperingati sebagai sejarah Hari Lahir Pancasila, sidang pertama dimulai dari 29 Mei sampai 1 Juni 1945. Dan dibuka lagi pada tanggal 28 Mei 1945 dan pembahasan dimulai keesokan harinya.
Tanggal 29 Mei 1945 dengan tema Dasar Negara.

Pada kali ini peringatan Hari Lahir Pancasila akan berbeda dengan tahun-tahun sebelum nya. Dengan menerapkan pemerintah dalam mencegah, mengendalikan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 maka dilaksanakan upacara peringatan bendera 2021 secara Virtual kombinasi.

Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila warga negara Indonesia dapat mengikuti melalui siaran langsung di kanal Youtube BPIP, Instagram BPIP, Facebook BPIP serta siaran TVRI secara serentak diseluruh indonesia tetap patuhi protokol pencegahan Covid-19.

Baca juga: Sujiwo: Makam Pahlawan Dharma Patria Jaya Bisa Jadi Destinasi Wisata

Sejarah Hari Lahir Pancasila

Sejarah Hari Lahir Pancasila secara tidak sengaja, dari kekalahan Jepang pada Perang Asia Timur raya, pada saat itu Jepang yang hanya ingin mendapatkan hati masyarakat dengan berjanji akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia dan telah membentuk sebuah lembaga yang bertugas untuk mempersiapkan hal tersebut.

Berita Ini telah Terbit di Kalbar Satu dengan Judul Sejarah Hari Lahir Pahlawan, Selasa 1 Juni 2021 Akan Diadakan Secara Virtual

Baca Juga: Link Twibbon Ucapan Hari Lahir Pancasila 1 Juni, dan Kata Kata Ucapan Selamat Hari Lahir Pancasila 2021

Baca Juga: Dowload Link Twibbon Memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni “Daftar Link Twibbon Memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni

Baca Juga: Alasan Tanggal 1 Juni Tanggal Merah, Hari Lahir Pancasila Jadi Libur Nasional

Baca Juga: Sejarah Hari Lahir Pahlawan, Selasa 1 Juni 2021 Akan Diadakan Secara Virtual

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita