Terkini

TEKS Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun 2021/2022 Lengkap Dengan Amalan Lainnya

160
×

TEKS Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun 2021/2022 Lengkap Dengan Amalan Lainnya

Sebarkan artikel ini
Foto ilustrasi berdoa
Amalan Dan Doa Malam 10 Muharram Disertai Niat Puasa Asyura Arab Artinya. Foto/Istimewa.

KALBAR SATU- TEKS Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun 2021/2022 Lengkap Dengan Amalan Lainnya.

Tinggal beberapa hari lagi akan memasuki tahun baru 2022. Mari kita tutup tahun 2021 silam dengan Doa yang baik dan harapan yang baik pula di tahun tmyang akan datang.

Advertiser
Image
Banner Ads

Di halaman ini sudah asa amalan dan Doa akhir tahun masehi yang bisa anda baca saat penutupan akhir tahun yang dipanjatkan.

Dalam buku Koreksi Doa dan Zikir antara yang Sunnah dan Bid’ah oleh Bakr bin Abdullah Abu Zaid disebutkan tidak ada satu pun dalil dalam syariat yang menetapkan adanya doa atau zikir yang dibaca khusus pada akhir tahun.

Dijelaskan bahwa apabila seseorang membaca doa akhir tahun, maka setan berkata, “Hampa usaha kami di sepanjang tahun ini. Susah bagiku dan sia-sia pekerjaanku menggoda anak Adam (manusia) pada tahun ini dan Allah membinasakanku saat ini juga.

Dari membaca doa ini, Insyaallah Allah akan mengampuni dosanya selama setahun.”

Doa akhir tahun dibaca setelah sholat ashar atau sebelum masuk waktu sholat maghrib.

Berikut ini adalah akhir tahun bisa dibaca langsung dikutip dari buku Kalender Ibadah Sepanjang Tahun oleh Ustadz Abdullah Faqih Ahmad Abdul Wahid:

  1. Membaca istighfar 11 kali
    Astaghfirullah ‘azhiim’

“Saya memohon ampunan kepada Allah yang Maha Agung”

  1. Membaca Sholawat Nabi 11 Kali
    Allahumma sholli ‘alaa sayyidinaa muhammad
    “Ya Allah semoga sholawat tetap kepada junjungan kami, Nabi Muhammad.”
  2. Membaca ayat kursi 7 kali

Arab: اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

Artinya: Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Maha hidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur.

Baca juga: Bacaan Doa Akhir Tahun 2021 Arab dan Latin: Mari Sambut Tahun 2022 Dengan Penuh Berkah

Baca juga: RMI-NU Kalbar sukses Gelar Doa dan Zikir bersama untuk Mukhtamar NU di Lampung

Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya.

Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki.

Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Mahatinggi, Mahabesar.

Baca juga: Bacaan Doa untuk Orangtua di Hari Ibu Bahasa Indonesia dan Arab Berikut Artinya 22 Desember 2021

Lalu membaca doa akhir tahun dari kitab Maslakul Akhyar dari Sayid Utsman bin Yahya.

Doa Akhir Tahun

اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْه وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِي وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Artinya: “Ya Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini termasuk yang Engkau larang sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Engkau maklumi karena kemurahanMu sementara Engkau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Engkau perintahkan untuk tobat sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakaiMu. Karenanya aku memohon ampun kepadaMu, ampunilah aku.

Ya Tuhanku, aku berharap Engkau menerima perbuatanku yang Engkau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahalaMu. Janganlah pupuskan harapanku, wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.”

Baca juga: Cara Sholat Gerhana Bulan Lengkap Niat dan Bacaan Doanya

Doa awal tahun

Usai memanjatkan doa akhir tahun, ada juga baiknya untuk membacakan doa di awal tahun.

Ini doanya :

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ اَللَّهُمَّ اَنْتَ اْلاَ بَدِيُّ الْقَدِيْمُ اْلاَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ وَكَرَمِ جُوْدِكَ الْمُعَوَّلُ وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ اَقْبَلَ اَسْأَلُكَ الْعِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَ
اَوْلِيَائِهِ وَالْعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ اْلاَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ وَاْلاِشْتِغَالِ بِمَا يُقَرِّبُنِى اِلَيْكَ زُلْفَى يَاذَالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ وَصَلَى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Artinya :

Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Semoga Allah tetap melimpahkan rahmat dan salam (belas kasihan dan kesejahteraan) kepada junjungan dan penghulu kita Muhammad beserta keluarga dan sahabat Beliau.

Ya Allah, Engkau Dzat Yang Kekal, yang tanpa Permulaan, Yang Awal (Pertama) dan atas kemurahan MU yang agung dan kedermawanan MU yang selalu berlebih, ini adalah tahun baru telah tiba.

Kami mohon kepada MU pada tahun ini agar terhindar (terjaga) dari godaan syetan dan semua temannya serta bala tentara (pasukannya), dan (kami mohon) pertolongan dari godaan nafsu yang selalu memerintahkan (mendorong) berbuat kejahatan,

Serta (kami mohon) agar kami disibukkan dengan segala yang mendekatkan diriku kepada MU dengan sedekat-dekatnya.

Itulah TEKS Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun 2021/2022 Lengkap Dengan Amalan Lainnya

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita
Menyalinkode AMP
Menyalinkode AMP