Waspada Karhutla, Lasarus Imbau Masyarakat Buka Lahan Tanpa Bakar

  • Whatsapp
Lasarus Apresiasi Pelaksanaan MTQ Provinsi Kalbar
Lasarus/ISTIMEWA

PONTIANAK, KALBARSATU.ID – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kembali terjadi di wilayah Kalimantan Barat (Kalbar). Bencana tahunan ini memantik perhatian dan reaksi dari berbagai pihak.

Ketua DPD PDI Perjuangan Kalbar Lasarus ikut bereaksi menanggapi peristiwa yang mengakibatkan bencana kabut asap tersebut. Ia mengaku menyayangkan perilaku tak bertanggung jawab dari sejumlah oknum yang membuka lahan dengan cara-cara terlarang.

Bacaan Lainnya

“Sangat disayangkan di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang, masih saja ada oknum yang begitu tega melakukan pembakaran hutan dan lahan sehingga memunculkan bencana baru, yaitu kabut asap,” kata Lasarus saat diwawancarai via telepon, Senin 22 Februari 2021.

Menurut Lasarus, kebiasaan membuka lahan dengan cara membakar sudah semestinya ditinggalkan karena dampaknya yang membahayakan keselamatan. Kebiasaan itu hendaknya diganti dengan cara alternatif yang lebih ramah lingkungan, seperti penggunaan cuka kayu, rekayasa bioteknologi, dan asap cair.

Kendati demikian, Lasarus menyebut pembukaan lahan dengan cara membakar tidak sepenuhnya dilarang. Sebab kata dia, selama memerhatikan kearifan lokal, dilakukan secara terbatas dan terkendali, mendapat izin dari pejabat berwenang, dan memenuhi persyaratan lainnya yang ditetapkan regulasi, maka pembukaan lahan dengan membakar tetap dibolehkan.

“Ada baiknya kebiasaan membuka lahan dengan membakar ditinggalkan, diganti dengan cara-cara yang ramah lingkungan, seperti rekayasa bioteknologi, pemanfaatan bahan bakaran menjadi biochar, briket, cuka kayu dan arang aktif”.

“Pembukaan lahan dengan cara membakar juga tidak sepenuhnya disalahkan. Karena selama dilakukan secara terbatas, memerhatikan kearifan lokal dan memenuhi kriteria yang disyaratkan oleh ketentuan hukum, maka pembukaan lahan dengan pembakaran tetap dibenarkan,” ungkapnya. #

Pos terkait

Tinggalkan Balasan