Cara mengajarkan anak sholat ! Tips Kenalkan Islam ke Anak Sejak Dini

  • Whatsapp
Cara Mendidik Anak yang benar Menurut Islam 2021 Update
Cara Mendidik Anak yang benar Menurut Islam 2021 Update

KALBAR SATU – Mengenalkan islam sejak dini kepada anak sangat penting. Oleh karena itu kami sajikan tips cara mengajarkan anak sholat.

Adapun tips 6 cara mengajarkan anak sholat ini bisa dijadikan rujukan bagi bapak ibu di rumah untuk mendidik anak-anak anda.

Bacaan Lainnya

Dalam islam, Pendidikan agama sangat penting diterapkan pada anak sejak dini untuk membangun karakter positif.

Agama merupakan suatu kepercayaan bersifat spiritual yang dipegang oleh setiap orang. Karena berkaitan erat dengan sang Pencipta.

Semua agama tentu saja memiliki ajaran positif yang dapat mencegah umatnya agar tidak melakukan perbuatan di luar batasan.

Terkait Lainnya: Cara Mendidik Anak yang benar Menurut Islam 2021 Update

Maka tidak ada salahnya pendidikan agama kepada si kecil sejak dini. Dengan belajar dan paham mengenai agama, nilai-nilai kebaikan akan mulai dipupuk.

Waktu yang tepat mengajari anak sholat

Tidak ada waktu pasti di umur berapa anak perlu mulai diajarkan sholat. Namun, namun ada baiknya  mengajarkan kewajiban ini sejak usia dini atau sebelum mereka mencapai usia baligh.

Hal itu karena, mengajari anak suatu hal termasuk kewajiban beribadah sejak kecil cenderung lebih mudah tertanam dalam jiwa mereka.

Kewajiban mengajari anak sholat juga ada dalam sabda Rosulullah Sholallahu Alaihi Wassalam yang memiliki arti berikut ini:

“Perintahlah anak-anakmu agar mendirikan shalat tatkala mereka telah berumur tujuh tahun, dan pukullah (secara ringan dan tidak menyakiti) karenanya tatkala mereka telah berumur sepuluh tahun.” (HR. Abu Dawud dan Al- Hakim)

Dikutip dari berbagai sumber, berikut cara mengajarkan anak sholat ! Tips Kenalkan Islam ke Anak Sejak Dini:

Mengajarkan sholat yang bisa ditiru

Mendidik atau mengajari anak sholat bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan kesabaran dalam melakukannya.

Agar memudahkan anda mengajari anak sholat, kamu harus menjadi contoh yang bisa ditiru oleh anak-anak anda.

Tanamkan pengetahuan mengenai Allah SWT

Pemahaman mengenai Allah SWT sangat penting, maka sholat hanya dianggap sebagai ritual rutin saja bila tidak mengetahui Nya. Oleh karena itu, sebelum mengajarkan praktik sholat, jangan ragu untuk memberikan si kecil pemahaman mengenai eksitensi Sang Maha Pencipta.

Berceritalah pada si kecil mengenai kebaikan Allah SWT yang diberikan di dunia sebagai Sang Pencipta. Tanpa disadari, cerita-cerita tersebut akan menanamkan kepercaan dan cinta si kecil pada Allah di hati mereka.

Menanamkan pentingnya ibadah

Setelah mengajarkan si kecil mengenai keberadaan Allah SWT, yang perlu dilakukanParents adalah menjelaskan secara teori mengenai pentingnya ibadah sholat sendiri. Misalnya, jelaskan pada si kecil mengapa umat muslim wajib melaksanakan ibadah ini, dan apabila ditinggalkan sekiranya apa konsekuensi yang akan didapat.

Jelaskan hal tersebut secara lembut, dengan kalimat yang muda dipahami anak. Jangan menggunakan cara yang jutsru cenderung menakut-nakuti.

Kamu bisa menjelaskannya seperti:

“Nak, sholat itu penghubung manusia dan penciptanya, Allah SWT. Kalau dikerjakan rutin, Allah pasti akan membalas ibadah dengan kebaikan. Sebaliknya, kalau kita lalai, Allah SWT pasti sedih dan kecewa deh sama kita sebagai umatnya”

Jadilah contoh yang baik

Setiap anak akan membutuhkan conto konkret yang bisa dilihat setiap hari. Dengan demikia ia pun bisa mengikuti semua hal yang dilakukan oleh orangtuanya, termasuk dalam hal melaksakan ibadah sholat.

 juga perlu menjadi contoh yang juga disiplin dalam melaksakan ibadah tersebut.

Berikan ruang agar mereka leluasa beribadah

Agar pelajaran sholat beserta nilai-nilainya bisa tertanam dengan baik, maka tidak ada salahnya Parents memberikan ruang khusus atau mushola untuk mengajarkan hal ini.

Anak-anak secara tidak langsung akan mengerti betapa pentingnya sholat, karena ia diberikan area khusus untuk melakukan ibadah ini di rumahnya.

Dorong dengan mengajaknya sholat berjamaah

Anak sangat senang untuk menirukan beragam hal yang dilakukan oleh orangtuanya. Oleh karena itu, menanamkan kebiasaan sholat pada anak bisa didorong dengan cara mengajaknya sholat bersama atau berjamaah.

Tidak hanya di rumah, juga bisa mengajak si kecil untuk sholat berjamaah di masjid. Atau mengajaknya untuk mengikuti sholat wajib di hari raya seperti sholat Idul Fitri dan Idul Adha.

Buatlah jadwal agar anak konsisten beribadah

Tidak dapat dipungkiri bahwa akan ada saatnya si kecil merasa bosan dan malas untuk melaksanakan ibadah sholat.

Oleh karena itu, orangtua perlu memastikan dan mengingatkan agar ia disiplin dalam menjalankan ibadah sholat. Terutama jika anak sudah menginjak 10 tahun. Pada usia tersebut, anak sudah diwajibkan untuk melaksakan sholat lima waktu secara rutin.

Agar anak bisa disiplin dan konsisten melaksanakan sholat, tidak ada salahnya Parents membuatkan ia jadwal sholat. Buatlah jadwal sholat dalam bentuk visual yang menarik perhatian anak agar ia lebih bersemangat.

Parents bisa membuat kalender ceklis sholat yang perlu si kecil isi. Jika si kecil bisa memenuhi kalender ceklis sholat, maka jangan lupa untuk memujinya sebagai upaya pemberian penghargaan atas usaha yang ia lakukan.

Itulah pentingnya mengajarkan pendidikan agama, serta beberapa tips mengajari anak sholat yang bisa dilakukan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

1 Komentar