Tips

Tips Bersepeda dengan Aman dan Menghindar Kecelakaan

150
×

Tips Bersepeda dengan Aman dan Menghindar Kecelakaan

Sebarkan artikel ini
Tips Bersepeda Aman
Ilustrasi bersepeda, - FOTO/Instagram: @marcellayunetta

TIPS, KALBAR SATU ID – Bagi Anda pecinta bersepeda, tentunya kalian akan sering bertemu di jalanan dengan transportasi yang berbeda.

Hal itu harus Anda perhitungakan dari keselamatan dengan aman bersepeda dan menghindar dari kecelakaan lalu lintas.

Advertiser
Image
Banner Ads

Maka dari itu, perlu Anda ketahui tips bersepeda dengan aman sehingga tubuh atau badan Anda tetap sehat dan bugar untuk bersepeda.

Tips Bersepeda dengan Aman

Pastikan Bersepeda dengan Aman

Untuk tetap menjaga manfaat bersepeda tersebut, kalian juga perlu tahu beberapa hal yang perlu di perhatikan sebelum mulai bersepeda.

Baca juga: Manfaat dan Akibat Menyukai Olahraga Sepeda

Salah satu saat bersepeda yang harus kalian perhatikan yakni faktor keamanan.

Untuk itu mengetahui hal tersebut, di halaman ini juga telah memberikan tips aman saat bersepeda yang perlu anda ketahui:

Periksa kondisi sepeda sebelum digunakan

Sebelum menaiki sepeda, periksa semua komponen sepeda, mulai dari rem hingga kondisi ban. Membiarkan salah satu bagian sepeda tidak berfungsi, bisa meningkatkan risiko Anda mengalami cedera.

Baca juga: Bendahara PDI-P Kalbar Bersepeda Sambil Berbagi

Gunakan pelindung kepala, siku, dan lutut

Kepala, siku, dan lutut adalah bagian tubuh yang rentan terluka ketika Anda terjatuh dari sepeda. Pastikan ketiga bagian tubuh tersebut terlindungi dengan baik guna mencegah efek yang fatal bila terjatuh.

Pastikan diri mudah terlihat pengendara lain

Saat bersepeda pada malam hari atau di jalan yang padat, pastikan Anda mudah terlihat dengan pengendara lain. Anda bisa menggunakan baju berwarna terang atau memasang lampu sepeda.

Baca juga: Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan dan Tips Menggunakan dengan Aman

Menjaga sikap saat berkendara

Meski bersepeda sendirian, kalian juga harus tetap harus memperhatikan pengguna jalan yang lain, baik pengguna kendaraan bermotor atau pejalan kaki. Apabila jalanan tidak menyediakan trek khusus untuk sepeda, jangan mengambil hak pejalan kaki dengan mengendarai sepeda di trotoar.

Baca juga: Sujiwo dan Komunitas Pesepeda Bantu Tata Taman DWP Kemenag Kubu Raya

Selain itu, kalian juga harus memberikan tanda kepada pengguna jalan lain saat akan berbelok atau berhenti. Jangan lakukan dengan mendadak, karena bisa membahayakan Anda dan pengguna jalan lainnya. Hal penting yang perlu selalu Anda ingat, patuhi rambu-rambu lalu lintas yang berlaku.

Baca juga: Banteng Gowes Sehat, Lasarus: Pasca Pandemi, Kita Bikin Event Sepeda yang Lebih Besar

Tips lainnya juga perlu disiapkan seperti sediakan minuman suoaya tidak kehausan dan dehidrasi, Anda juga perlu membawa minuman saat bersepeda. Minuman tersebut bisa berupa air putih, atau minuman isotonik yang mengandung elektrolit.

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita
Menyalinkode AMP
Menyalinkode AMP