KALBAR SATU ID – Bupati Kubu Raya Sujiwo meluncurkan aplikasi layanan pengaduan Halo Tukang Ledeng milik Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Raya Kabupaten Kubu Raya, Jumat (26/9/2025).
Peluncuran di Hotel Qubu Resort, Kubu Raya, dilakukan bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya Yusran Anizam dan Direktur Perumda Tirta Raya Harmawan. Sujiwo mengapresiasi Direktur Perumda yang telah berupaya keras membangun sistem aplikasi pengaduan dan layanan air bersih serta memfasilitasi peluncurannya.
“Saya menyambut baik pengadaan sistem aplikasi Halo Tukang Ledeng ini dalam rangka memberikan pelayanan prima, membangun trust (kepercayaan) publik terhadap kinerja Perumda Air Minum Tirta Raya,” ujar Sujiwo.
Sujiwo mengatakan aplikasi Halo Tukang Ledeng bertujuan memudahkan pelanggan untuk menyampaikan pengaduan dan permintaan layanan air bersih. Melalui aplikasi, pelanggan juga dapat memantau status penanganan secara cepat, tepat, mudah, dan transparan.
“Permasalahan penyediaan layanan air bersih ini merupakan permasalahan terbesar kedua di Kabupaten Kubu Raya setelah permasalahan infrastruktur. Oleh karena itu, saya memberikan atensi dan perhatian yang sangat serius terhadap kinerja Perumda Air Minum Tirta Raya,” ucapnya.
Ia berharap melalui aplikasi Halo Tukang Ledeng, kinerja Perumda semakin baik. Perumda diharapkan juga dapat segera meningkatkan cakupan pelayanannya, terutama pada kawasan permukiman perbatasan Kabupaten Kubu Raya dengan Kota Pontianak.
“Saya berpesan kepada Direktur Perumda beserta jajaran, agar selalu berupaya meningkatkan pelayanan, melakukan evaluasi kinerja secara komprehensif dan akuntabel, dan melakukan perbaikan berkelanjutan. Manajemen harus menerapkan good corporate governance dengan sebaik-baiknya,” tuturnya.
Sujiwo berharap seluruh masyarakat dan pelanggan Perumda Air Minum Tirta Raya dapat memanfaatkan aplikasi Halo Tukang Ledeng sebaik-sebaiknya.
“Dengan adanya aplikasi ini, Perumda harus siap dipuji maupun dicaci oleh masyarakat sebagai konsekuensi dari membuka diri,” sebutnya.
Serangkaian dengan peluncuran aplikasi Halo Tukang Ledeng, Perumda Tirta Raya juga menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Handling Complaint and Service Excellent Strategic untuk mendukung peningkatan kualitas layanan.