DaerahNews

Pemkot Pontianak Sidak Sejumlah Pasar, Ini Temuannya

180
×

Pemkot Pontianak Sidak Sejumlah Pasar, Ini Temuannya

Sebarkan artikel ini
Pemkot Pontianak Sidak Sejumlah Pasar, Ini Temuannya
Foto: ILUSTRASI/Freepik

PONTIANAK, KALBAR SATU – Baru-baru ini, Tim Pengawasan Obat dan Makanan Kota Pontianak di Kalimantan Barat, Rabu, menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar swalayan di yang ada di kota itu menjelang Natal dan Tahun Baru, Rabu 22 Desember 2021.

“Hari ini kami menggelar sidak dan menyasar produk-produk, baik yang telah melewati masa kedaluarsa atau kemasan yang rusak,” sebut Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pontianak, Mulyadi di Pontianak kepada awak media.

Advertiser
Image
Banner Ads

Baca juga: Produk Unggulan UMKM Pontianak Dipamerkan di Bali

Daei hasil sidak di sejumlah pasar swalayan, lanjut dia, pihaknya tidak menemukan produk atau barang yang kadaluarsa pada pasar swalayan tersebut.

Namun kata dia, masih ditemukan produk-produk yang kemasannya rusak dan masih dipajang pada rak swalayan tersebut.

Untuk itu, dia meminta kepada pemilik pasar swalayan dan supermarket untuk mengawasi dan memantau produk-produk yang dijual di tempat usahanya.

“Misalnya minuman kaleng ada yang penyok. Inikan kemasannya agak rusak seharusnya tidak dipajang, sebaiknya dikembalikan lagi ke agen,” tegasnya.

Baca juga: Kronologi Seorang Anak Bunuh Ibu Tiri di Pontianak Berhasil Di Amankan Warga

Pihaknya juga menemukan gudang yang menyimpan barang-barang kadaluarsa.

Seharusya, sebut Mulyadi, gudang itu tidak menyimpan produk-produk kedaluarsa sebab dikuatirkan barang-barang tersebut tanpa disengaja terpajang pada rak swalayan.

“Tempat penyimpanan makanan itu harus steril dan tidak kotor, tidak ada sarang laba-laba dan lainnya sehingga harus terus dibersihkan secara rutin,” terangnya.

Oleh karenanya, ia memperingatkan pemilik usaha agar tidak mengulangi kesalahannya. Sebab sewaktu-waktu tim ini akan kembali melakukan pengawasan terhadap pasar swalayan maupun supermarket itu.

“Kita minta mereka secara rutin dan berkala mengawasi barang-barang yang mereka jual agar kejadian serupa tidak terulang kembali,” tutupnya.##

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita
Menyalinkode AMP
Menyalinkode AMP