Sosialisasi Empat Pilar, Maria Lestari Ajak Petani Mempawah Tingkatkan Ketahanan Pangan

  • Whatsapp
Maria Lestari Petani Mempawah
Sosialisasi Empat Pilar, Maria Lestari Ajak Petani Mempawah Tingkatkan Ketahanan Pangan.

MEMPAWAH, KALBAR SATU – Meski di tengah mengahadapi Pandemi Covid-19 kegiatan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yang disampaikan Anggota MPR RI Maria Lestari, S.Pd di Kabupaten Mempawah tetap berjalan baik dan tidak mengurangi semangat peserta untuk datang menghadiri undangan.

Maria Lestari Fraksi PDI Perjuangan itu mensosilisasikan Empat Pilar Kebangsaan kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Kabupaten Mempawah Kalimantan Barat (Kalbar), pada Selasa, 23 Maret 2021.

Bacaan Lainnya

Tampak hadir secara langsung Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Mempawah, H Rusli Abdullah serta Anggota DPRD Kab Sambas Ahmadi.

Mengawali sambutannya Anggota MPR/DPR RI Maria Lestari mengatakan bahwa Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan ini merupakan bentuk kepedulian sekaligus tugas yang harus dilaksanakan untuk mengenalkan kembali nilai-nilai kebangsaan yang dirasakan sudah tergerus oleh perkembangan zaman.

Baca juga: Gelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, Maria Lestari: Indonesia adalah Rumah Besar

“Oleh sebab itu empat pilar kebangsaan ini harus terus di sosialisasikan, mari kita bersama-sama mensosialisasikan lagi makna-makna empat pilar ke keluarga dan lingkungan kita dan menerapkan pedoman empat pilar dalama kehidupan sehari hari,” ungkap dia.

Selanjutnya, masih menurut Maria Lestari yang juga Anggota Komisi IV DPR RI itu, Empat Pilar Kebangsaan merupakan pedoman tiang penyangga kokoh dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Karenanya, sosiliasai ini adalah kumpulan dari nilai-nilai leluhur yang semestinya dipahami oleh setiap warga negara.

“Materi terkait Empat Pilar Kebangsaan ini adalah Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI. Mari kita hayati dan melaksanakan dari diri kita kemudian di implementasikan dalam kehidupan bermasyarakat sehingga kita tidak kehilangan jati diri dan asal usul sebagai warga negara Indonesia,” tuturnya kepada para Gapoktan.

Baca juga: Maria Lestari Komitmen Sejahterakan Petani Kalbar

Selain itu, Maria Lestari meminta kepada pemerintah harus memastikan produksi pangan terus ditingkatkan untuk mendukung pemulihan ekonomi.

“Antara lain dengan membangun sarana prasarana pertanian, modernisasi alat pertanian, memperkuat korporasi petani dan distribusi pangan, serta memperhatikan ketersediaan pupuk, subsidi dan nilai tukar petani yang tepat,” kata Maria Lestari.

Baca juga: Mengenal Maria Lestari

Berdasarkan hal itu, kehidupan para petani harus lebih sejahtera. Pemerintah harus peduli dan benar-benar memperhatikan serta berpihak kepada para petani.

“Pemerintah harus benar-benar memperhatikan dan berpihak kepada para petani, karena pertanian adalah sektor krusial bagi keberlangsungan hidup suatu negara, terlebih di saat pandemi COVID-19 yang tak kunjung usai,” tutup Maria Lestari Anggota DPR RI Dapil Kalbar I (satu).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan