Amalan Sunnah ketika Hendak Bepergian

  • Whatsapp
Ilustrasi
Ilustrasi

KALBARSATU.ID — Dalam kehidupan sehari-hari kita pasti mempunyai keperluan baik itu akan bekerja, silahturahmi maupun kegiatan lainnya, entah itu bisa dilakukan dari rumah atau harus keluar dari rumah.

Dalam Islam semua sudah ada aturannya, apalagi tentang doa akan bepergian, karena yang namanya manusia tidak akan pernah tau apa yang akan terjadi kedepannya.

Bacaan Lainnya

Berdoa sebelum melakukan perjalanan akan membuat kita lebih tenang karena sudah melakukan pembentangan diri dengan berdoa kepada Allah SWT sebelum perjalanan.

Nabi Shalallahu ‘alaihi Wassalam selalu mengajarkan kepada ummatnya tentang adab ketika akan melakukan bepergian agar bisa kembali dengan selamat.

Berikut ada beberapa hal-hal sunah ketika hendak bepergian.

  1. Lakukanlah sholat dua raka’at ketika hendak keluar dari rumah.
    Dengan melakukan sholat sunah sebelum bepergian akan membuat kita lebih tenang dan membuat kita terhindar dari stres, kesulitan dan hal-hal buruk lainnya.

Sebagaimana perkataan Nabi Shalallahu’alihi Wessalam :

:Jika kamu keluar rumah kamu dan melakukan sholat sunah dua raka’at, maka akan melindungi kamu dari keburukan dan masalah di luar. Jika kamu memasuki rumahmu, lakukanlah sholat dua rakaat, maka kamu akan terlindungi dari keburukan dan masalah di dalam. “HR. Al-Bazzar dalam sunannya.

  1. Membaca doa ketika akan keluar rumah

Doa keluar rumah.


بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

Artinya :”Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan izin Allah.”

  1. Mengarahkan pandangan ke langit ketika akan membaca doa keluar rumah

Selain k di anjurkan membaca doa, nabi SAW juga menganjurkan umatnya ketika hendak keluar rumah agar terlebih dahulu memandang ke langit serta membaca doa:

إِنِّى أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَىَّ

Yang artinya : “Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari aku tersesat atau aku menyesatkan atau aku tergelincir, atau aku digelincirkan, atau aku mendhalimi atau aku didholimi, atau kebodohanku atau dibodohi.”

  1. Lakukan dengan kaki kanan ketika akan keluar rumah.

Ketika membaca doa keluar rumah selesai, Rasulullah SAW juga umatnya menganjurkan untuk mendahulukan kaki kanan ketika akan keluar rumah. Karena yang kanan untuk melakukan segala urusan yang baik dan ini termasuk petunjuk Rasulullah SAW.

Dikutip dari Tribun Sumsel.com, Keutamaan doa keluar rumah Berdasarkan Al-Qur’an ada pada surat At-Talaq ayat 3 yang artinya :

“Dan dia memberi rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka. barangsiapa bertawakkal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupi keperluannya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusannya. Sungguh Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu.”

Nah itu ada beberapa tips dan doa ketika akan keluar rumah, semoga bermanfaat dunia akhirat.#

Pos terkait

Tinggalkan Balasan