Islam

Contoh Kultum Ramadhan Tentang Keutamaan Shalat Tarawih

×

Contoh Kultum Ramadhan Tentang Keutamaan Shalat Tarawih

Sebarkan artikel ini
Foto ilutrasi Kultum
Ilutrasi,- FOTO/Instagram.

RAMADHAN, KALBAR SATU – Berikut ini merupakan kultum singkat dan padat tentang keutamaan shalat tarawih di bulan Ramadhan lengkap dengan dalil-dalilnya.

Alhamdulillah. segenap puji untukNya yang telah memberikan kita kenikmatan Iman dan .Sholawat dan salam teruntuk Nabi Muhammad saw, pada keluarga, para sahabatnya.

Advertiser
Image
Banner Ads

Baca juga: Kumpulan Kultum Ramadhan 2023/1444 Singkat Padat Berbagai Tema

Salah satu ibadah spesial di bulan Ramadhan selain puasa (shaum) adalah salat tarawih.

Salat sunnah qiyamul lail ini hanya ada di bulan suci ini. Ibadah sunnah muakkadah ini sangat sayang jika dilewatkan begitu saja.

Banyak sekali keutamaan dan keistimewaan ketika kita menegakan shalat ini. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Baca juga: MATERI KHUTBAH JUMAT Menyentuh Hati, Teks Arab Latin dan Doanya Tentang Bekal Kematian

Pertama, sholat tarawih bisa menjadi wasilah diampuninya dosa Nabi Muhammad SAW. bersabda dalam hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah:

“Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan (salat tarawih) karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Pengampunan dosa dalam hadits tersebut dapat mencakup dosa besar dan dosa kecil berdasarkan tekstual hadist.

Baca juga: Rekomendasi Menu Buka Puasa dan Sahur 28 Maret 2023 Dijamin Lebih Hemat Tapi Nikmat

Namun, ada pendapat lain mengatakan yang dimaksud pengampunan dosa adalah khusus untuk dosa kecil.

Meski begitu, mengingat banyaknya dosa yang kita lakukan, semoga salat tarawih yang kita lakukan bisa menggugurkannya. Membersihkan dosa-dosa kita.

Dalam riwayat lain dari Abdurrahman bin Auf, Rasulullah SAW bersabda:

Baca juga: Hukum Mengganti Puasa Orang yang Meninggal

“Sesungguhnya Ramadhan adalah bulan di mana Allah mewajibkan puasanya, dan sesungguhnya aku menyunnahkan qiyamnya (tarawih) untuk orang-orang Islam. Maka barang siapa berpuasa Ramadhan dan Qiyam Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka ia (pasti) keluar dari dosa-dosanya sebagaimana pada hari ia dilahirkan oleh ibunya. (HR Ahmad, Ibnu Majah.

Kedua, Sunnah Muakkadah yang dilakukan oleh Rasulullah Saw. Salat tarawih adalah yang dilakukan oleh Rasulullah Saw.

Baca juga: Bolehkah Makan dan Minum Jika Sudah Imsak? Begini Penjelasan

Diriwayatkan dari Ibnu Syihab, Urwah menyampaikan kepadanya bahwa Aisyah telah melaporkan jika Rasulullah pada suatu malam (pada bulan Ramadhan) berangkat ke masjid dan mendirikan salat di sana.

Kemudian orang banyak mengikuti beliau. Keesokan harinya orang bercerita tentang salat Rasulullah itu sehingga jamaah semakin banyak.

Keesokan harinya orang juga bercerita lagi sehingga pada malam keempat jamaah tidak lagi tertampung di masjid. Paginya, setelah selesai salat subuh, Nabi bersabda:

Baca juga: Kisah Seorang Ahli Puasa yang Malu karena Dosa – Imam Aswad bin Yazid

“Amma ba’du. Sesungguhnya aku tahu kemampuan kalian. Akan tetapi aku ragu bila salat tarawih itu diwajibkan atas kalian, dan kalian tidak mengerjakannya,” (H.R. Al-Bukhari dan Muslim). Meski sunnah, kita jangan sampai melewatkan ibadah yang muakkadah (sangat dianjurkan ini). Wallahu a’lam bishowab.

Demikian tulisan yang menyediakan kultum singkat dan padat tentang keutamaan shalat tarawih di bulan Ramadhan lengkap dengan dalil-dalilnya.

Menyalinkode AMP