KUMPULAN Kata Kata Minta Maaf Sambut Ramadhan 1442 H, Berikut Hadist Terkait Minta Maaf Jelang Ramadhan

  • Whatsapp
KUMPULAN Kata Kata Minta Maaf Sambut Ramadhan 1442 H, Berikut Hadist Terkait Minta Maaf JelangRamadhan
ILUSTRASI/KUMPULAN Kata Kata Minta Maaf Sambut Ramadhan 1442 H, Berikut Hadist Terkait Minta Maaf JelangRamadhan

RAMADHAN, KALBAR SATU – Marhaban YA Ramadhan, selamat datang bulan penuh ampunan tahun 2021/1442.

Sebentar lagi bulan puasa Ramadhan akan tiba, seluruh umat Islam dunia akan menjalankan ibadah puasa Ramadhan 2021.

Bacaan Lainnya

Sebab pada bulan ramadan ini diwajibkan bagi umat Muslim untuk menunaikan ibadah puasa.

Bagi umat Islam Indonesia 1 Ramadan berdasarkan kalender nasional akan jatuh pada tanggal 13 April 2021.

Akan tetapi secara pasti masih menunggu hasil sidang isbat yang akan digelar nanti.

Biasanya dalam menyambut ramadan yang kerap dilakukan bagi umat Islam di Indonesia adalah saling meminta maaf kepada kerabat, saudara maupun teman.

Tradisi ini didasari terhadap hadist Nabi Muhammad SAW dikutip dari artikel muslim.or.id hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah (3/192) dan Ahmad (2/246, 254).

BACA: bacaan-niat-sahur-dan-bacaan-doa-buka-puasa-ramadhan-2021-sebentar-lagi

Terdapat di kitab Shahih Ibnu Khuzaimah (3/192) juga pada kitab Musnad Imam Ahmad (2/246, 254) ditemukan hadits berikut:

عن أبي هريرة أن رسول الله صلى الله عليه و سلم رقي المنبر فقال : آمين آمين آمين فقيل له : يارسول الله ما كنت تصنع هذا ؟ ! فقال : قال لي جبريل : أرغم الله أنف عبد أو بعد دخل رمضان فلم يغفر له فقلت : آمين ثم قال : رغم أنف عبد أو بعد أدرك و الديه أو أحدهما لم يدخله الجنة فقلت : آمين ثم قال : رغم أنف عبد أو بعد ذكرت عنده فلم يصل عليك فقلت : آمين قال الأعظمي : إسناده جيد

“Dari Abu Hurairah: Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam naik mimbar lalu bersabda: ‘Amin, Amin, Amin’. Para sahabat bertanya : “Kenapa engkau berkata demikian, wahai Rasulullah?” Kemudian beliau bersabda, “Baru saja Jibril berkata kepadaku: ‘Allah melaknat seorang hamba yang melewati Ramadhan tanpa mendapatkan ampunan’, maka kukatakan, ‘Amin’, kemudian Jibril berkata lagi, ‘Allah melaknat seorang hamba yang mengetahui kedua orang tuanya masih hidup, namun tidak membuatnya masuk Jannah (karena tidak berbakti kepada mereka berdua)’, maka aku berkata: ‘Amin’. Kemudian Jibril berkata lagi. ‘Allah melaknat seorang hamba yang tidak bershalawat ketika disebut namamu’, maka kukatakan, ‘Amin”.” Al A’zhami berkata: “Sanad hadits ini jayyid”.

Ketika Rasullullah sedang berkhutbah pada Shalat Jum’at (dalam bulan Sya’ban), beliau mengatakan Amin sampai tiga kali, dan para sahabat begitu mendengar Rasullullah mengatakan Amin, terkejut dan spontan mereka ikut mengatakan Amin.

Tapi para sahabat bingung, kenapa Rasullullah berkata Amin sampai tiga kali. Ketika selesai shalat Jum’at, para sahabat bertanya kepada Rasullullah, kemudian beliau menjelaskan:

“ketika aku sedang berkhutbah, datanglah Malaikat Jibril dan berbisik, hai Rasullullah Amin-kan do’a ku ini,” jawab Rasullullah.

Do’a Malaikat Jibril itu adalah:

“Ya Allah tolong abaikan puasa ummat Muhammad, apabila sebelum memasuki bulan Ramadhan dia tidak melakukan hal-hal yang berikut:

1) Tidak memohon maaf terlebih dahulu kepada kedua orang tuanya (jika masih ada);

2) Tidak bermaafan terlebih dahulu antara suami istri;

3) Tidak bermaafan terlebih dahulu dengan orang-orang sekitarnya.

Sehingga meminta maaf sebelum tiba Ramadhan adalah yang sangat baik.

Dirangkum dari Tribun Pontianak, berikut ini kumpulan kata-kata indah minta maaf menjelang Ramadhan 1442 Hijriah cocok sebagai silaturahmi kirim pesan atau update status media sosia WA, Pesan, Instagram dan lainnya.

1. Dalam kerendahan hati, ada ketinggian budi. Dalam kemiskinan harta, ada kekayaan jiwa. Hidup ini terasa indah jika ada maaf. Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa.

2. Jika hati seputih awan, jangan biarkan ia mendung, Jika hati seindah bulan, hiasi dengan senyuman

Selamat menyambut ibadah puasa, mohon dimaafkan khilaf dan salah, lahirian dan batiniah. Marhaban ya Ramadan.

3. Jangan sesalkan perpisahan, jika itu untuk kebaikan. Dari jauh aku ucapkan, selamat berpuasa di bulan Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin.

4. Daku rindu bulan Ramadhan-Mu, dan Engkau beri kesempatan di bulan ini kepadaku. Mohon ampun atas segala dosaku, semoga dilimpahkan banyak rahmatmu.

5. Setitik tinta jadi noda. Setitik salah jadi dosa. Bulan penuh berkah segera tiba. Mari tekun ibadah di bulan puasa. Marhaban ya Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.

6. Apabila lisan yang berucap tak indah menoreh luka dan apabila ada kata yang dusta,

Apabila ada tingkah yang tak menyenangkan, mohon maafkan lahir dan bathin ini. Mari kita kembali kepadaNya. Marhaban ya Ramadan

7. Jika hati seputih awan jangan biarkan ia mendung. Jika hati seindah bulan hiasi dengan senyuman, Semoga tetaplah demikian. Selamat menyambut ibadah puasa, mohon dimaafkan khilaf dan salah, lahirian dan batiniah. Marhaban ya Ramadhan.

8. Sebelum cahaya padam, sebelum hidup akan berakhir. Sebelum pintu taubat tertutup, dan sebelum Ramadhan datang. Mohon maafkan lahir dan juga batin, Marhaban ya Ramadhan.

9. Ya Allah, muliakan dan sayangilah saudariku ini. Berikanlah kebahagiaan baginya dan keluarganya. Berkahi rizkinya dan kuatkan imannya. Berikanlah kenikmatan ibadahnya, jauhkan dari segala fitnah. Amin yaa rabbal’alamin. Ahlan Wasahlan Ya Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan.

10. Matahari berdzikir, angin bertasbih dan pepohonan memuji keagungan-Mu. Semua menyambut datangnya malam Seribu Bulan Selamat datang Ramadan, Selamat beribadah puasa. Mohon Maaf Lahir dan Batin

11. Ya Allah, Perkayalah Saudaraku ini dengan keilmuan. Hiasi hatinya dengan kesabaran, muliakan wajahnya dengan ketakwaan.

Perindahlah fisiknya dengan kesehatan serta terimalah amal ibadahnya dengan kelipatgandaan

Karena hanya Engkau Dzat Penguasa Sekalian Alam, Marhaban Ya Ramadan, mohon maaf lahir dan batin

12. Gersang bumi tanpa hujan, gersang akal tanpa ilmu, gersang hati tanpa iman, gersang jiwa tanpa amal.

Marhaban Ya Ramadan, Selamat menunaikan ibadah puasa, mohon maaf lahir dan batin.

13. Jika hati seputih awan jangan biarkan ia mendung jika hati seindah bulan hiasi dengan senyuman, Semoga tetaplah demikian. Selamat menyambut ibadah puasa, mohon dimaafkan khilaf dan salah, lahirian dan batiniah. Marhaban ya ramadhan.

14. Sebelum cahaya padam, Sebelum hidup kan berakhir sebelum pintu taubat tertutup, dan Sebelum Ramadhan datang Mohon maafkan lahir dan juga bathin, Marhaban ya Ramadhan.

15. 1 senyuman awali persahabatan

1 tawa menghapus kesedihan

1 kata mengganti tindakan

1 doa memberi penghargaan

1 gambar DP WhatsApp menyampaikan maaf lahir batin

Selamat menyambut Ramadhan

16. Andai tangan tak kuasa berjabat

Setidaknya kata masih dapat terucap

Setulus hati memohon maaf atas salah dan khilaf

Selamat menyambut Ramadhan 2021/1442 H

17. Marhaban ya Ramadhan..

Dari lubuk hati yang paling dalam

Izinkan saya memohon maaaf lahir batin

18. Saatnya membersihkan jiwa dan kembali kepadaNya, mensyukuri segala nikmat dan kemurahanNya.

Mari merenungi diri atas segala kesalahan yang diperbuat.

Bulan suci kembali tiba, lakukan puasa dengan penuh keikhlasan.

Siapkan jiwa untuk menyambut lailatul qadar yaitu malam yang penuh dengan kebaikan.

Tak lupa meminta maaf atas segala dosa mohon dimaafkan.

19. Bulan ramadhan adalah bulan penuh berkah.

Di bulan ini merupakan raja dari bulan-bulan lain yang banyak dinantikan seluruh umat muslim.

Ramadhan merupakan bulan yang penuh mulia.

Merupakan bukti umat islam menjalankan ibadah di bulan itu.

20. Bila ada langkah membekas lara, ada kata merangkai dusta, ada tingkah menoreh luka, Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan