NasionalNews

Lasarus Minta Pemudik Gunakan Transportasi Massal

235
×

Lasarus Minta Pemudik Gunakan Transportasi Massal

Sebarkan artikel ini
Lasarus Ajak Masyarakat Sukseskan Program Vaksinasi yang Digelar Pemprov Kalbar
Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus, S.Sos., M.Si.

Kalbar Satu, News – Ketua Komisi V DPR RI Lasarus, S.Sos., M.Si., meminta masyarakat untuk menggunakan moda transportasi massal saat mudik lebaran. Dirinya tak menyarankan para pemudik untuk menggunakan kendaraan pribadi, terlebih mengendarai sepeda motor.

“Perjalanan jarak jauh itu menuntut stamina dan konsentrasi tinggi bagi para pengendara. Manakala pengemudi ngantuk dan kurang konsentrasi, maka akan sulit terhindar dari kecelakaan lalu lintas. Risiko akan semakin tinggi bagi pengendara sepeda motor. Nah, potensi tersebut bisa dimitigasi jika pemudik beralih menggunakan moda transportasi massal,” kata Lasarus dalam keterangan tertulisnya di Pontianak, Selasa (18/4/2023).

Advertiser
Image
Banner Ads

Lasarus menuturkan bahwa saat ini sudah tersedia fasilitas mudik gratis yang bisa dimanfaatkan oleh pemudik. Sebagai legislator yang membidangi urusan perhubungan, dirinya pun memastikan kalau armada transportasi yang disiapkan untuk program mudik gratis tersebut aman dan nyaman bagi masyarakat.

“Masyarakat hendaknya merespons program mudik gratis ini, baik yang difasilitasi Kementerian Perhubungan, BUMN, swasta, maupun pemerintah daerah. Selain untuk mengurangi macet, juga lebih dijamin sampai di tujuan dengan selamat. Untuk armadanya, meskipun ini gratis, saya pastikan tetap aman dan nyaman,” tuturnya.

Guna mengantisipasi arus mudik lebaran yang diprediksi akan dimulai beberapa hari ke depan, Lasarus pun turut berpesan kepada semua pihak terkait untuk menyiapkan skenario terbaik demi mencegah potensi terjadinya kecelakaan.

Persiapan matang, sambung Lasarus, perlu dilakukan mengingat antusiasme masyarakat untuk mudik pada tahun ini diprediksi jauh lebih tinggi dibandingkan beberapa tahun sebelumnya.

“Kepada Kemenhub, TNI, Polri, Jasa Marga, dan semua otoritas yang terlibat dalam urusan mudik untuk betul-betul menyiapkan dengan matang arus mudik lebaran. Tahun ini hampir dipastikan jumlah pemudik akan melonjak menyusul adanya cuti bersama dan penghapusan PPKM,” ungkapnya.

“Antusiasme pemudik yang tinggi mesti disikapi dengan strategi-strategi yang matang guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” pungkas Lasarus politikus yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Kalimantan Barat tersebut.

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita
Menyalinkode AMP
Menyalinkode AMP