Baca Sholawat ini dijamin Dapat Syafaat Rasulullah

  • Whatsapp
Ikuslrasi
Ilustrasi (Foto:tfamansek.com)

KALBARSATU.ID – Satu-satunya manusia paling istimewa adalah Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam. Kekasih Allah itu tidak hanya memiliki keistimewaan dari pada Nabi lainnya, namun juga juga diberikan keistimewaan untuk memberi syafaat kepada umatnya kelak di hari Kiamat.

Syafaat Nabi Muhammad diberikan kepada umatnya yang berkenan untuk bershalawat kepadanya.

Bacaan Lainnya

Setiap manusia pada hari akhir akan dikumpulkan berdasarkan amal perbuatannya dan pertanggung jawabkan dihadapan Allah Ta’ala.

Jangankan manusia Allah dan malaikat saja bersholawat kepada Nabi Muhammad, apalagi kita sebagai manusia biasa sudah seharusnya memuji beliau sebagai seorang Nabi yang membawa risalah keesaan Allah.

Allah Ta’ala berfirman dalam Alquran dalam Surah Al-Ahzab ayat 56:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya: “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersholawat kepada Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kalian kepada Nabi (Muhammad) dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya,” (QS. Al-Ahzab: 56).

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pun bersabda:

أَكْثِرُوا الصَّلاَةَ عَلَيَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَلَيْلَةَ الْجُمُعَةِ، فَمَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلاَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ عَشْرًا

Artinya: “Perbanyaklah kalian membaca sholawat kepadaku pada hari dan malam Jumat, barangsiapa yang bersholawat kepadaku sekali, niscaya Allah bersholawat kepadanya sepuluh kali,” (HR. Al-Baihaqi (III/249).

Sebagai seorang muslim pastilah kita sangat mengharapkan syafaat Nabi Muhammad. Namun, syafaat itu hanya kepada orang-orang senang dan selalu bersholawat.

Untuk itu jika kita ingin menggapai syafaat itu, maka sesering mungkin lisan kita melantun sholawat kepada Nabi Muhammad yang agung.

Keutamaan sholawat telah diterangkan baik dalam alquran maupun hadist.

Banyak bacaan sholawat yang masyhur dibaca oleh kaum muslimin, baik bersumber dari hadits maupun para ulama salafunas shalih. Salah satu sholawat yang memiliki faidah luar biasa adalah Sholawat Tanzil.

Dai kharismatik yang juga pimpinan Yayasan Al Fachriyah, Habib Jindan bin Novel bin Salim Jindan mengatakan, ada sebuah sholawat yang apabila dibaca sekali seumur hidup, maka si pembaca dijamin akan mendapat syafaat Nabi Muhammad kelak di hari kiamat.

Pendakwah lulusan Daarul Musthofa, Hadhramaut, Yaman itu menukil dari Kitab Nashaihud Diniyyah Wal Washayal Imaniyah, karya Al-Habib ‘Abdullah bin ‘Alawi Al-Haddad, seorang ulama besar abad 17, disebutkan bahwa jika sholawat ini dibaca minimal satu kali saja sepanjang hayat, maka kelak ia akan mendapat syafaat Rasulullah.

Disebutkan bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa mengucapkan اللهم صل على سيدنا محمد وأنزله المقعد المقرب عندك يوم القيامة maka wajiblah ia mendapat syafaatku,”.

Berikut bacaan sholawat tersebut beserta artinya:

اللهم صل على سيدنا محمد وأنزله المقعد المقرب عندك يوم القيامة

(Allahumma sholli ‘ala Sayyidina Muhammad wa Anzilhu al-Maq’adal Muqarrab ‘indaka yaumal qiyaamah).

Artinya: “Ya Allah berilah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad dan tempatkan dia di tempat yang dekat di sisi Mu pada hari kiamat,”

“(Sholawat) Ini manfaat dan berguna. Jika kita ingin syafaatnya Rasulullah maka baca sholawat ini yang diajarin oleh baginda Rasulullah. Semoga kita bisa mengamalkannya,” ujar Habib Jindan dalam sebuah ceramahnya, dikutip dari channel YouTube Pecinta Rasulullah SAW.(*)

Pos terkait