KALBAR SATU – Cara cek Data Penerima Banpres BPUM atau BLT UMKM BNI atau BRI Rp 1,2 juta tahun 2021.
Bantuan ditujukan kepada anggota PNM Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (PNM Mekar) yang pernah menerima BLT UMKM sebesar Rp 2,4 juta tahun 2020 lalu.
Diketahui, beberapa bank bekerjasama dalam penyaluran Banpres UMKM seperti BRI, BNI.
Diketahui, mulai31 Maret 2021 pencairan BLT UMKM ini mulai disalurkan bahkan sejumlah peserta sudah ada yang mencairkan.
Untuk peserta nasabah BRI bisa melakukan pengecekan secara online melalui link eform bri di https://eform.bri.co.id/bpum.
Lalu, bagaimana dengan nasabah BNI apakah eform BNI bisa untuk mengecek penerimaan BLT UMKM Mekar?
Untuk Bank BNI hingga saat ini tidak menyediakan link pengecekan online sama seperti BRI. Jadi tak bisa melakukan pengecekan penerima bantuan di e.form.bni.co.id.bpum.
Sebagaimana dketahui, Eform BNI hanya diperuntukkan bagi peserta yang daftar program kartu prakerja.
Cara Mengecek BLT UMKM Mekar BNI
Bagi peserta yang ingin mengecek nama terdaftar penerima bantuan adalah dengan langsung pergi ke BNI.
Namun Bisa juga langsung cek saldo melalui mutasi rekening melalui internet banking BNI.
Sebegai informasi, Bantuan UMKM Mekar diberikan Rp 1,2 juta tahun 2021 meski sudah menerima bantuan 2,4 juta tahun 2020.
Silahkan cek bagi yang sudah mendaftar sesuai bank penyalur masing-masing, BRI ataupun BNI.
Akses www.kemenkopukm.go.id sebagai panduan untuk daftar atau pengajuan Bantuan UMKM tahun 2021.
Berikut syarat mendapatkan Bantuan UMKM PNM Mekar
1. Merupakan nasabah aktif PNM Mekar
2. Memiliki usaha mikro
3. Bukan PNS/TNI/POLRI
4. Belum pernah dan tidak sedang mengakses KUR (Kredit Usaha Rakyat)
5. Jika sudah tidak menjadi nasabah Mekar namun nama terdaftar sebagai penerima bantuan, bisa menjadi nasabah Mekar lagi untuk mencairkan bantuan.
Cek bantuan UMKM BRI
– Login https://eform.bri.co.id/bpum
– Isi nomor KTP
– Memasukkan jawaban perhitungan matematika untuk proses verifikasi
– Klik proses inquiry
– Selanjutnya, akan keluar pemberitahuan apakah berhak mendapatkan bantuan atau tidak
melalui pesan saat buka laman eform BRI atau pesan melalui SMS dari bank BRI.
Penyebab Jika NIK KTP tidak muncul di E-form BRI
– Anda belum mendaftar program BPUM UMKM
– Sistem di Bank penyalur belum terkoneksi dengan link tersebut
– Rekening Anda terblokir karena Anda masih punya pembiayaan/kredit di bank.
– Nomor NIK KTP Anda tidak sinkron dengan data di Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil).
Jika tetap tidak muncul, lakukan pengecekan secara langsung dengan mendatangi kantor bank penyalur BRI dengan membawa syarat dokumen pencairan.
Cara Daftar Bantuan BPUM atau UMKM
Pendaftaran untuk bantuan UMKM ini tak bisa dilakukan secara online, semuanya harus dilakukan secara manual
Daftar manual bantuan UMKM pelaku usaha mikro bisa datang langsung ke Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Kota atau ke lembaga pengusul sesuai persyaratan.
Berikut ini syarat untuk mendapatkan bantuan UMKM:
1. Tidak sedang menerima kredit modal kerja dan investasi dari perbankan
2. WNI dan memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang dibuktikan dengan surat usulan dari pengusul.
3. Bukan aparatur sipil negara (ASN), TNI/Polri, dan pegawai BUMN/BUMD
4. Memiliki usaha mikro dibuktuikan dengan Surat Keterangan Usaha.
6. Bagi pelaku usaha mikro yang memiliki KTP dan domisili usaha berbeda dapat melampirkan Surat Keterangan Usaha atau SKU.
Lembaga pengusul terdiri dari:
1. Dinas yang bertanggung jawab atas koperasi dan UKM
2. Koperasi yang telah disahkan menjadi badan hukum
3. Kementerian atau lembaga
4. Perbankan dan perusahaan pembiayaan yang terdaftar di OJK.
Calon penerima bantuan selanjutnya bisa melengkapi data usulan ke lembaga-lembaga pengusul dengan memenuhi persyaratan sebagai berikut:
1. NIK
2. Nama lengkap
3. Alamat tempat tinggal sesuai KTP
4. Bidang usaha
5. Nomor telepon.
Perlu diketahui, dana Banpres Produktif adalah hibah, bukan pinjaman ataupun kredit.
Penerima bantuan tidak dipungut biaya apapun dalam penyaluran bantuan ini.
Nantinya, mereka yang menjadi calon penerima akan mendapat pesan singkat dari bank penyalur.
Penerima diminta segera datang ke bank untuk melakukan proses pencairan.
Sebab, bila tidak melakukan proses verifikasi atau pencairan dana, maka bantuan tersebut akan ditarik atau dikembalikan ke pemerintah.
Dana BLT ini memiliki batas pencairan hingga tiga bulan setelah dana sudah disalurkan.
Bila tidak dilakukan pencairan atau konfirmasi sama sekali, maka pihak perbankan harus mengembalikan dananya kembali ke pemerintah.
Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak ( SPTJM ) BPUM
Surat pernyataan tanggung jawab mutlak UMKM atau SPTJM BPUM adalah surat pernyataan pelaku usaha mikro yang dibuat atau ditandatangani oleh calon penerima bpum.
Pastikan minta dari bank penyalur agar format sesuai dari mereka
Cara Pengambilan Bantuan di Bank
Penerima BPUM bisa datang sesuai jadwal yang ditentukan dengan membawa identitas diri.
Nasabah yang menerima bantuan presiden (banpres) datang ke kantor BRI dengan membawa dokumen berupa buku tabungan, kartu ATM, dan identitas diri.
Apabila kelengkapan dokumen belum dipenuhi maka saldo Banpres akan ditahan terlebih dahulu.
Penahanan saldo tersebut tidak akan mempengaruhi rekening tabungan nasabah secara keseluruhan.
Adapun penerima bantuan sebelumnya akan diberitahu oleh pihak bank melalui notifikasi SMS bahwa mereka mendapatkan bantuan.
Setelah itu, penerima datang ke bank dengan membawa dokumen yang dipersyaratkan yakni:
– Buku tabungan
– Kartu ATM
– Identitas diri
Penerima juga harus melengkapi dokumen:
– Surat Pernyataan
– Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) dan atau Surat Kuasa Penerima dana BPUM.
Menghindari penipuan maka penyerahan persyaratan tersebut hanya dilakukan di bank dan tanpa dipungut biaya apapun.
Setelah dokumen lengkap maka bantuan yang masuk ke rekening bisa langsung digunakan.