Gotong Royong GOW Kubu Raya dan Lasarus Bantu Tenaga Medis di RSUD Soedarso

  • Whatsapp
Ketua GOW Kabupaten Kubu Raya Atzebi Yatu Lensi saat menyerahkan bantuan kepada tenaga kesehatan di RSUD Dr. Soedarso Pontianak, – Foto: Zbr

KALBARSATU.ID – Salah satu penyebab bergugurannya tenaga medis dalam pertempuran melawan Covid-19 ialah kurangnya alat pelindung diri (APD). Kondisi tersebut memantik simpati publik.
Gerakan sosial untuk memenuhi kebutuhan APD bagi tenaga medis pun bermunculan. Mulai dari kelompok sukarelawan, partai politik, pejabat, politikus, organisasi kemasyarakatan, bahkan perorangan ikut bahu-membahu melakukan gerakan sosial guna mencukupi kebutuhan APD.

Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Kubu Raya tak mau ketinggalan untuk ikut bergotong royong menunjang perjuangan para tenaga medis. Bekerja sama dengan Ketua Komisi V DPR RI Lasarus, mereka menyalurkan bantuan berupa alat pelindung diri, vitamin dan madu kepada tenaga kesehatan yang tengah merawat pasien positif korona di RSUD Dr. Soedarso Pontianak.

“Mereka adalah tameng paling depan dalam memutus rantai penularan Covid-19. Jika kebutuhan mereka tidak dipenuhi, lantas siapa yang akan menangani pasien? Tanpa pelindung diri dan nutrisi yang memadai, risiko mereka tertular tentu akan bertambah. Tenaga medis harus mendapat perlindungan memadai. Mereka tidak boleh terpapar virus,” kata Ketua GOW Kabupaten Kubu Raya Atzebi Yatu Lensi usai menyerahkan bantuan kepada tenaga kesehatan di RSUD Dr. Soedarso Pontianak, Senin (27/04/2020).

Atzebi mengatakan, para tenaga kesehatan memang sudah sepatutnya diberi asupan nutrisi yang cukup dan alat pelindung yang memadai. Pasalnya, sejak Covid-19 mewabah, beban dan jam kerja mereka kian bertambah sehingga berpotensi menurunkan imunitas tubuh. Tanpa asupan nutrisi yang memadai, kondisi itu jelas menambah kerentanan mereka terinfeksi virus.

“Kita tahu tim medis sudah berbulan-bulan berjuang menjalankan tugasnya merawat pasien positif korona. Mereka harus selalu fit, staminanya harus terjaga dan imunitasnya baik. Saya pikir sudah saatnya sekarang kita memperhatikan mereka,” katanya.

Dihubungi terpisah, Ketua Komisi V DPR RI Lasarus menyatakan bahwa bantuan yang disalurkan kepada RSUD Dr. Soedarso pada hari ini juga akan diberikan kepada rumah sakit lainnya, terutama yang berlokasi di wilayah Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya.

Beberapa rumah sakit yang rencananya akan disalurkan bantuan antara lain RS Kartika Husada Kesdam XII Tanjungpura, RSAU Dr. Mohammad Sutomo, RSUD Sultan Syarif Mohammad Alkadrie dan RSUD Pratama Kabupaten Kubu Raya.

“Ke depan, bantuan juga akan kita salurkan ke beberapa rumah sakit, khususnya yang berada di wilayah Kota Pontianak dan Kubu Raya. Secara total, ada 100 kilogram madu, ribuan keping vitamin dan ratusan APD yang kita siagakan untuk menunjang kinerja tenaga medis. Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi mereka yang tengah berjuang melawan pandemi global ini,” paparnya.

Yuliastuti Saripawan, Direktur RSUD Dr. Soedarso Pontianak, tampak begitu semringah setelah menerima bantuan dari GOW Kubu Raya. Ia berujar, bantuan berupa APD, madu dan vitamin tersebut akan sangat menunjang perjuangan para tenaga kesehatan yang tengah berdiri di garis paling depan dalam melawan wabah korona.

“Selaku pemberi pelayanan dan garda terdepan dalam merawat pasien positif korona, tentunya kami berterima kasih sekali atas bantuan dan kepedulian dari GOW Kubu Raya dan Pak Lasarus. Memang saat ini kita harus saling bahu-membahu memberikan dukungan dan mengambil peran sesuai kapasitas masing-masing dalam berusaha memutus rantai penularan Covid-19,” pungkasnya. (Njb)

Gerindra Kalbar