Tiga Pilar PDI Perjuangan Kubu Raya Gelar Aksi Sosial Peduli Covid-19 di Sungai Ambawang

  • Whatsapp
Bendahara PDIP Kalbar, Sujiwo (kiri urutan kedua) membagikan masker di daerah pasar Kecamatan Sungai Ambawang, Kubu Raya, Sabtu (18/04/2020).

KALBARSATU.ID – Tiga Pilar PDI Perjuangan Kabupaten Kubu Raya menggelar aksi sosial dalam rangka mencegah penularan virus korona. Aksi sosial dilakukan dengan membagikan masker, jamu dan telur rebus kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Sungai Ambawang.

Pilar eksekutif PDI Perjuangan Kabupaten Kubu Raya Sujiwo mengatakan bahwa dalam aksi kali ini, partainya membagikan sebanyak 500 helai masker, ribuan butir telur rebus dan ribuan kemasan jamu. Dirinya berujar, gerakan hari ini sebenarnya merupakan aksi lanjutan yang rutin dilakukan Tiga Pilar PDI Perjuangan Kubu Raya beberapa waktu lalu.

“Saya hari ini bersama teman-teman DPC PDI Perjuangan Kubu Raya melaksanakan aksi sosial seperti biasa, membagikan masker, jamu dan telur. Di Sungai Ambawang ini memang baru kita lakukan hari ini. Kita sempat istirahat beberapa minggu, aksi-aksi sosial ini, karena memang kita menunggu stok masker,” ujarnya di Sungai Ambawang Kuala, Kecamatan Sungai Ambawang, Sabtu (18/04/2020).

Pembagian masker, kata Sujiwo, memang sengaja dilakukan karena benda tersebut benar-benar sudah jadi kebutuhan masyarakat selama pandemi korona. Terlebih, pemerintah sudah mewajibkan seluruh masyarakat untuk mengenakan masker meskipun dalam kondisi sehat. Beruntungnya, masker di pasaran saat ini sudah tidak terlalu langka sehingga masyarakat bisa memperolehnya dengan mudah.

“Stok masker alhamdulillah sudah tidak seperti sebulan yang lalu kelangkaannya karena UMKM-UMKM sudah membuat sendiri. Kemudian Pemkab Kubu Raya juga mendistribusikannya kepada masyarakat. Kendati demikian, karena jumlah penduduk Kubu Raya begitu besar, kemudian lintasan interline dari kota, sehingga masyarakatnya juga masih banyak yang membutuhkan masker. Makanya, hari ini saya dan Ketua DPC bersama jajarannya, rekan-rekan PAC dan fraksi mengadakan aksi ini sebagai bentuk kekompakan gotong royong Tiga Pilar PDI Perjuangan. Mudah-mudahan membawa manfaat bagi masyarakat Ambawang,” tuturnya.

Wakil Bupati Kubu Raya ini juga menambahkan bahwa aksi sosial seperti ini akan dilakukan secara berkelanjutan. Bahkan, hingga wabah korona berakhir.

“Besok aksi di Desa Kapur, Kecamatan Sungai Raya. Nah, karena stoknya terbatas, maka maskernya akan kita distribusikan secara proporsional,” tukasnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kubu Raya Agus Sudarmansyah menyatakan bahwa aksi sosial yang diadakan hari ini juga diselingi dengan sosialisasi terkait korona. Hal itu dilakukan karena masih banyak masyarakat yang belum begitu memahami bagaimana cara virus itu menular dan langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mencegahnya.

“Di balik aksi sosial ini, yang terpenting adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat karena yang kita lihat selama ini, mereka tahu atau belum terlalu memahami, maka jadinya mereka tidak menyadari kalau virus ini mengancam kesehatan mereka. Korona jangan dianggap remeh, jangan dianggap enteng, perlu disikapi dengan kehati-hatian. Tetapi, kita tidak boleh terlalu panik,” tandasnya.

Aksi sosial di Sungai Ambawang Kuala tersebut turut diikuti oleh PAC PDI Perjuangan Sungai Ambawang, relawan dari berbagai organisasi dan kader-kader PDI Perjuangan. Setelah membagikan masker, jamu dan telur rebus, Tiga Pilar PDI Perjuangan Kubu Raya melanjutkan aksi dengan menyerahkan bantuan tangki air beserta fasilitas cuci kepada sejumlah pondok pesantren di wilayah Kecamatan Sungai Ambawang.(Njb)

Tinggalkan Balasan