KALBAR SATU ID – Berikut link resmi untuk mendownload sertifikat PPPK 2024 lengkap dengan tata cara mengetahui nilai seleksi kompetensi
Bagi para peserta seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) bisa mendownload sertifikat hasil seleksi kompetensi lewat laman sertifikat.bkn.go.id.
Pengunduhan sudah dapat dilakukan bersamaan pengumuman hasil seleksi yakni sejak Selasa, 24 Desember 2024.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
Sertifikat PPPK menjadi bukti sah telah mengikuti proses seleksi kompetensi untuk menjadi pegawai pemerintah.
Bagaimana cara mengunduh dan melihat nilai kompetensi PPPK 2024? Berikut penjelasannya.
Link dan Cara Unduh Sertifikat PPPK 2024
Pemerintah melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyediakan link khusus untuk mengunduh sertifikat seleksi kompetensi PPKK 2024.
Baca juga: Warga Banjarmasin Yang Hilang di Mungguk Jering Berhasil Ditemukan Selamat
1. Masuk ke laman https://sertificat.bkn.go.id/
2. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK)
3. Masukkan Nomor Peserta
4. Pilih tipe seleksi PPPK
5. Klik “Unduh” untuk mendownload sertifikat
6. Peserta bisa mencetak sertifikat secara mandiri dengan menggunakan printer
Dalam sertifikat tersebut memuat informasi data diri dari pelamar PPPK. Ada nama, nomor peserta, serta nilai seleksi kompetensi yang diperoleh saat tes. BKN juga menyiapkan aplikasi khusus untuk mengecek keaslian dari sertifikat.
Cara Memastikan Keaslian Sertifikat SKD
Untuk memastikan sertifikat asli atau tidak bisa diketahui melalui aplikasi “Validator SertifiCAT” yang bisa download pada Google Play Store. Simak tutorialnya berikut ini:
Baca juga: Motor PCX Terbaru 2025 Kapan Rilis? Berikut Bocoran Spesifikasi dan Fiturnya
-Buka aplikasi Validator SertifiCAT yang telah diunduh
-Lakukan scan QR Code pada sertifikat
-Muncul data hasil ujian SKD CPNS 2024 lengkap dengan total skor yang diperoleh
Fungsi Sertifikat PPPK
1. Menjadi bukti kelulusan bahwa nama yang tercantum dalam sertifikat telah mengikuti tes PPPK 2024.
2. Sebagai alat banding apabila hasil seleksi tidak sesuai dengan yang ada. Caranya cukup menunjukkan kepada instansi terkait.
3. Instansi memerlukan sertifikat untuk melakukan verifikasi data peserta yang dinyatakan lulus.
4. Sertifikat menjadi apresiasi dari BKN untuk peserta yang telah lulus PPK.
5. Sebagai kenang-kenangan dari BKN untuk peserta karena telah berhasil mengikuti seleksi.
6. Berguna untuk keperluan lain untuk melamar di instansi tertentu yang mencantumkan sertifikat PPPK. Selain itu berguna juga untuk melanjutkan jenjang pendidikan.
Demikian tentang
Editor : Hani