Anak-anak Cerlang Sampaikan Pesan Indahnya Keberagaman dan Rawat Toleransi

  • Whatsapp
PKBM Sekolah Alam Terpadu Cerlang
Siswa-siswi PKBM Sekolah Alam Terpadu Cerlang Pontianak menampilkan drama Persahabatan dan menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa di acara KONSERFATIF (Konser, Fun, dan Edukatif) secara online, Sabtu (20/02/2021).

PONTIANAK, KALBARSATU.ID – Pesan tentang indahnya keberagaman disampaikan oleh siswa-siswi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sekolah Alam Terpadu Cerlang, Kota Pontianak, saat manggung secara online di acara KONSERFATIF (Konser, Fun, dan Edukatif) secara webinar, Sabtu (20/02/2021) malam.

Dalam drama berjudul Persahabatan dan menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa, belasan anak Cerlang dengan riang menyuarakan makna toleransi dan semangat persatuan bangsa Indonesia.

Drama berjudul Persahabatan, bercerita tentang kearifan lokal, penerimaan dan kebersamaan.

Anak Cerlang berlakon tentang beberapa keluarga dari beragam penganut agama mengunjungi keluarga yang merayakan Imlek. Mereka saling menghargai dan menghormati antar-penganut agama.

Sri Wartati, Fasilitator Sekolah Alam Terpadu Cerlang mengatakan, bahwa ide tentang drama dan lagu berasal dari anak-anak.

“Cerita drama ini milik mereka. Karena itu, ruang improvisasi dan spontanitas tidak terbatas. Mereka yang membuat skrip drama, membuat kalimat, cerita, dan pemilihan lagu. Fasilitator hanya membantu dengan kamera dan mengedit videonya,” kata dia.

Menurut Sri, dalam proses pementasan, anak-anak banyak belajar tentang keberagaman.

“Fasilitator bantu menuliskan jalan ceritanya dan bertanya, kenapa memberi hadiah dan buat kue untuk teman yang Imlekan? Karena senang, karena menghargai, karena peduli, karena sayang, karena berteman, adalah jawaban yang muncul,” ujarnya.

Cerlang merupakan satu di antara belasan perwakilan sekolah dan komunitas yang tampil di acara KONSERFATIF diantaranya; Pesantren Fatihatul Quran, Teater Semut Stital Bangkalan, TK BPK PENABUR Paledang Bogor, SD Nasional Plus BPK PENABUR Sentul Bogor, Sekolah Damai Indonesia, Kolektif tanpa Nama, Narasi Toleransi Indonesia, Relawan BPR PGI, Hadroh ULUL ALBAB, Yifos Indonesia, Sanggar Bahana Antasari, dan Sunkiss DC.

Acara KONSERFATIF merupakan bagian dari rangkaian World Interfaith Harmony Week yang diselenggarakan Indonesian Conference on Religion and Peace (ICRP) bersama beberapa mitra jejaring.#

Tayangan ulang acara KONSERFATIF dapat disimak pada video berikut;

Tinggalkan Balasan