Dukung Ketahanan Pangan, Maria Lestari Berikan Bantuan Alsintan ke Kubu Raya

  • Whatsapp
Maria lestari
Dukung Ketahanan Pangan, Maria Lestari Berikan Bantuan Alsintan ke Kubu Raya/ISTIMEWA

KALBARSATU.ID – Kabupaten Kubu Raya menerima bantuan alat mesin pertanian (alsintan) sebanyak 112 unit dari pemerintah pusat. Bantuan Alsintan itu merupakan hasil buah perjuangan Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PDIP, Maria Lestari.

Bantuan Alsintan itu berupa 49 unit prasarana dan sarana pertanian dan 63 unit alsintan pasca panen, Selasa (8/9) kemarin diserahkan sebanyak 20 power tresher kepada Gapoktan di Kecamatan Sui Raya.

Bacaan Lainnya

“Selain itu juga ada Program Pangan Lestari 5 paket, UPPO 2 paket, peternakan kambing 3 paket, kebun rakyat 3 paket, bang pesona 6 paket, hortikultura untuk bawang merah 20 ha, cabe 30 ha dan tanaman obat jahe 2 ha,” sebut Maria Lestari.

Ia berharap bantuan yang ia berikan bisa meningkatkan sektor pertanian di Kubu Raya dan menjaga ketahanan pangan. Apalagi, menurutnya Kubu Raya lumbung pangan di Kalbar dengan luasan lahan pertanian 55 ribu hektar dengan 45 ribu diantaranya lahan produktif.

“Yang terpenting, alsintan ini dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat petani di Kubu Raya,” ujarnya.

Di temui terpisah, Kelompok Tani Agro Sejahtera Desa Kuala dua, Paulus sangat optimis, dengan adanyaa bantuan alsintan dapat meningkat jumlah produksi pertanian.

“Rata-rata sekali panen bisa tiga ton per hektare. Mudah-mudahan ini bisa bertambah lagi. Selain itu proses penanaman lebih cepat tidak menggunakan manual seperti dulu,” ucapnya.

Apalagi kata Paulus, saat ini sektor pertanian menjadi salah satu program utama pemerintah untuk menjaga ketahanan pangan di tengah pandemi covid-19.

“Karena hasil pertanian ini menjadi kebutuhan utama dan dasar kita semua apalagi di tengah pandemi covid-19. Terima kasih untuk ibu Maria Lestari atas bantuannya memperjuangkan pertanian di Kalbar khususnya di Kubu Raya,” tuturnya.(*)

Pos terkait