GOW Kubu Raya Kembali Sumbangkan Madu dan Vitamin untuk Tenaga Medis

  • Whatsapp
Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Kubu Raya kembali menyalurkan bantuan untuk tenaga medis
Tampak ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Kubu Raya menyerahkan bantuan untuk tenaga medis, - Foto/Acuy

KALBARSATU.ID – Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Kubu Raya kembali menyalurkan bantuan untuk tenaga medis yang tengah berjuang di garis depan dalam melawan pandemi Covid-19. Bantuan yang disalurkan berupa 30 kg madu, 9 boks vitamin C dan beberapa unit pelindung wajah.

Ketua GOW Kabupaten Kubu Raya Atzebi Yatu Lensi yang menyerahkan langsung bantuan untuk tenaga medis mengatakan bahwa makanan dan minuman penambah imunitas serta pelindung wajah tersebut diserahkan kepada tiga rumah sakit yang berlokasi di wilayah Kabupaten Kubu Raya. Ketiga rumah sakit tersebut, yakni RSUD Pratama Kabupaten Kubu Raya, RSAU dr. Muhammad Sutomo Lanud Supadio dan RS Tingkat II Kartika Husada Kesdam XII Tanjungpura.

Bacaan Lainnya

“GOW Kubu Raya hari ini kembali mengunjungi sekaligus menyerahkan bantuan kepada tiga rumah sakit, yaitu RSUD Pratama (Kubu Raya), RSAU (dr. Muhammad Sutomo Lanud Supadio), dan RS Kartika Husada (Kesdam XII Tanjungpura). Kembali kami menyerahkan bantuan berupa madu dan vitamin C. Khusus RSUD Pratama, kami juga menyerahkan face shield atau pelindung wajah,” kata Atzebi di Sungai Raya, Selasa (5/5/2020).

Istri Wakil Bupati Kubu Raya itu berharap, bantuan yang diberikan ini dapat menambah daya imun tubuh bagi para tenaga medis, sehingga mengurangi risiko mereka tertular virus korona. Atzebi juga menambahkan bahwa selain diperuntukkan bagi tenaga medis, bantuan berupa madu dan vitamin itu juga bisa diberikan kepada pasien positif Covid-19 atau pasien dalam pengawasan (PDP).

“Semoga bantuan kami dapat membantu memulihkan stamina tenaga medis. Bantuan yang kami distribusikan juga bisa diberikan kepada pasien positif Covid-19 atau PDP guna membantu proses penyembuhan mereka,” harapnya.

Pelaksana Tugas RSUD Pratama Kabupaten Kubu Raya dr. Yudi Paulian Heriwibowo mengaku bersyukur atas bantuan yang diberikan GOW Kubu Raya. Ia mengatakan, sokongan dari GOW itu akan sangat bermanfaat dalam rangka pengendalian dan penanggulangan Covid-19.

Terkait kesiapan RSUD Pratama Kabupaten Kubu Raya dalam menangani pandemi korona, dr. Yudi menyampaikan bahwa pihaknya memang belum melakukan persiapan yang memadai. Kendati begitu, dirinya memastikan kalau rumah sakit yang belum genap enam bulan beroperasi itu akan siap jika sewaktu-waktu diminta pemerintah menjadi rumah sakit rujukan Covid-19.

“Untuk kesiapan, kita memang masih belum memadai karena selain tenaga medis kita terbatas, usia rumah sakit ini memang relatif baru sehingga untuk memberikan perawatan pasien Covid-19 pun belum bisa maksimal. Akan tetapi, kita tentu selalu bersiap dengan kemungkinan terburuk, namun tetap di bawah kendali pemerintah daerag. Begitu dibutuhkan, mau tidak mau, kita harus siap dengan skenario paling buruk,” terangnya.

Ungkapan terima kasih juga datang dari Danlanud Supadio Pontianak Marsma Palito Sitorus. Dirinya yang berkesempatan menerima langsung bantuan untuk RSAU dr. Muhammad Sutomo itu menyatakan bahwa sokongan ini menunjukkan betapa seriusnya GOW dalam menanggulangi pandemi korona. Ia pun berharap wabah Covid-19 ini segera berakhir agar roda kehidupan dan perekonomian masyarakat kembali berjalan seperti sediakala.

Dalam kesempatan yang sama, Palito juga menambahkan bahwa Lanud Supadio telah melakukan serangkaian upaya untuk membantu menangani dan menanggulangi pandemi korona. Beberapa usaha yang Ia sebutkan antara lain sosialisasi kepada masyarakat agar senantiasa menaati protokol kesehatan, penyemprotan cairan disinfektan ke rumah-rumah warga dan tempat-tempat umum, serta menyiapkan makanan siap santap kepada masyarakat yang merasakan dampak pandemi korona.

“Pertama, yang selalu kita lakukan setiap pagi hingga sore adalah sosialisasi kepada masyarakat, khususnya yang bertempat tinggal di sekitaran Lanud Supadio untuk menjalankan protokol kesehatan. Kedua, penyemprotan disinfektan secara berkala, baik ke rumah-rumah warga maupun tempat-tempat umum di sekitaran Lanud Supadio. Ketiga, menyerahkan bantuan sosial kepada masyarakat kurang mampu dengan memberikan makanan siap santap. Sudah sekitar 2 minggu ini berjalan kami membuka dapur umum dan dari dapur umum inilah kami membagikan makanan gratis kepada masyarakat,” imbuhnya.

Pada saat penyerahan bantuan, jajaran pengurus GOW Kubu Raya juga ikut didampingi oleh Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo. Tampak menemani pula pada kesempatan tersebut Anggota Fraksi PDI Perjuangan dari dapil Kalbar I Maria Lestari.(Njb)

Pos terkait