PMII Puteri Ketapang adakan Talk Show, Putri: Emansipasi adalah Pembebasan

  • Whatsapp
PMII Puteri Ketapang adakan Talk Show, bertajuk Feminisme dan Kesetaraan Gender
PMII Puteri Ketapang adakan Talk Show, bertajuk Feminisme dan Kesetaraan Gender/paflet

KALBARSATU.ID – Koprs PMII Puteri Cabang Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat gelar Talk Show pada Kamis (9/7/20). Talk Show itu bertajuk ‘Feminisme dan Kesetaraan Gender’.

Narasumber Talk Show, Putriana M,Pd mengatakan bahwa jika berbicara tentang perempuan tidak jauh dari feminisme, gender dan emansipasi. Antara feminisme, gender dan emansipasi memiliki makna yang berbeda.

Bacaan Lainnya

“Emansipasi adalah Pembebasan Perempuan, Feminisme adalah kesetaraan antara laki-laki dan perempuan,” ujar Putri.

Putri melanjutkan, tidak ada lagi skat antara feminitas dan maskulinitas atau bahkan ada feminisme yang mau mengeluarkan perempuan dari budaya feminitas dan loncat ke maskulinitas.

“Gender adalah kandungan feminisme yang diperjuangkan di dalam pemiliknya,” kata Putri.

Sejarah lahirnya feminisme, tambah Putri, ada 3 filsuf yang terkenal di Yunani. Filsuf itu mengatakan perempuan itu tidak setara bahkan perempuan itu hanya pemuas nafsu, dan perempuan itu alat untuk melangsungkan keturunan.

“Hingga muncullah filsuf yang bernama Renedekat pada tahun 1586-1650. pemikiran Renedekat mengatakan semua manusia di berikan akal termasuk perempuan dan laki-laki,” imbunya.

Kemudian Pemikiran ini menginspirasi para penulis perempuan untuk menanyakan berbagai hal termasuk status perempuan tersebut.

“Sehingga pada abad ke-18 muncul lah Perempuan bernama Merry. Merry menulis di buku terkait kesetaraan perempuan dan laki-laki. Di dalam buku ditulis Merry ‘ Jika nalar adalah hal yang membedakan manusia dengan binatang, maka pendidikan juga berhak diberikan kepada perempuan karena perempuan manusia bukan hewan,” kata Putri.(Ilham)

Pos terkait