Solidaridad Gelar Pelatihan Budidaya Kelapa Sawit Ramah Lingkungan

  • Whatsapp
Solidaridad Gelar Pelatihan Budidaya Kelapa Sawit Ramah Lingkungan
Solidaridad Gelar Pelatihan Budidaya Kelapa Sawit Ramah Lingkungan/ISTI


KALBARSATU.ID – Solidaridad menggelar Training of Train (ToT) pelatihan budidaya yang baik untuk mewujudkan pekebun kelapa sawit yang lestari dan ramah lingkungan di Desa Lubuk Tajau, Kecamatan Nanga Taman, Kabupaten Sekadau.

Kegiatan yang dilakukan selama tiga hari dari 11-13 Agustus 2020 dihadiri lima belas orang peserta yang berasal dari perwakilan kelompok tani, dan dibuka oleh Kasi Pembenihan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Sekadau, Rahim, Selasa (11/8/20).

Bacaan Lainnya

“Kami dari dinas menyambut baik kegiatan yang dilakukan Solidaridad, selaku mitra kerja dari Pemerintah Sekadau,” ujar Rahim dalam sambutannya.

Dia berharap dengan adanya kegiatan seperti ini dapat mempercepat proses Surat Tanda Daftar Budidaya Perkebunan (STDB) dan petani di desa dapat menerapkan praktik budidaya yang lestari dan ramah lingkungan di Kabupaten Sekadau.

Pada 12 Agustus 2020 pelaksanaan pelatihan di kebun milik peserta dengan melakukan pengamatan di kebun. Kegiatan diisi dengan materi-materi seperti, benih bersertifikat, pembibitan, pengelolaan, persiapan lahan, penanaman, pengelolaan TBM, mengenal jenis dan pH tanah, pembuatan pupuk organik, pupuk anorganik, defisiensi unsur hara, HGP, pestisida dan APD, manajemen panen, serta modal biaya replanting.

“Kegiatan berlangsung dengan mengikuti standar protokol kesehatan seperti jaga jarak dan menggunakan masker. Nantinya, para peserta yang dilatih akan mempraktikkan ilmu yang didapat pada saat kegiatan ke kelompoknya masing-masing, dan mampu mentransfer pengetahuan pada saat forum diskusi antar kelompok,” imbuhnya.(Syam)

Pos terkait