Keutamaan Shalat Berjamaah

  • Whatsapp
Pahala shalat berjamaah lebih besar dari mereka yang shalat sendirian, contohnya jika berjemaah di rumah Allah (Masjid).
Pahala shalat berjamaah lebih besar dari mereka yang shalat sendirian, contohnya jika berjemaah di rumah Allah (Masjid).

Pahala shalat berjamaah lebih besar dari mereka yang shalat sendirian, contohnya jika berjemaah di rumah Allah (Masjid)

ISLAM, KALBARSATU.ID — Shalat merupakan ibadah yang paling pokok dalam Islam dan merupakan tiang agama. Shalat akan menjadi amal ibadah yang akan dihisap pertama kali oleh Allah SWT di akhirat kelak. Berikut kami Keutamaan Shalat Berjamaah.

Bacaan Lainnya

Islam sangat menganjurkan untuk melakukan shalat secara berjamaah, lantas apa saja keutamaan dalam shalat berjamaah?

Pahala shalat berjamaah lebih besar dari mereka yang shalat sendirian, contohnya jika berjemaah di rumah Allah (Masjid).

Ada yang menyebutkan bahwa ketika seorang muslim shalat berjamaah maka mendapatkan pahala 27 derajat, sedangkan jika shalat sendirian hanya mendapatkan pahala satu saja.

Secara bahasa jama’ah berarti shalat yang dilaksanakan bersama-sama lebih dari satu orang. Ada yang menjadi imam sholat dan ada yang menjadi makmum.

Sebagai mana dikutip dari buku Shalat Berjamaah, Rasulullah SAW bersabda :

Dari Abu Umamah ia berkata : “seseorang datang dan tidak mendapatkan shalat.

Maka Rasulullah SAW bersabda kepadanya. “Shalatlah” lalu bersabda, “adakah seseorang yang hendak bersedekah, shalatlah bersamanya ?” Maka berdirilah seseorang dan shalat bersamanya. Maka Rasulullah SAW bersabda, “inilah jamaah.” (At Thabrani, Al Mu’jam Alkabir, VII : 285, no. 7091.

Mengenai keutamaan shalat berjamaah, Rasulullah SAW telah menetapkan ukuran dengan kelipatan, kemudahan, jumlah yang berjamaah, sampai jarak ketika akan shalat berjamaah semua dinilai sebagai pahala.

Berikut ini beberapa keutamaan shalat berjamaah bagi yang melaksanakannya :

  1. Menjadikan mempererat silahturahmi pada masyarakat

Keutamaan shalat berjamaah di Masjid adalah dapat mempererat tali silaturahmi kepada dengan orang-orang muslim lainnya.

Ketika seorang muslim berjemaah di Masjid ia akan berjumpa dan saling bertegur sapa dengan muslim lainnya.

  1. Dapat meningkatkan kualitas shalat

Kualitas shalat sendiri terdiri dari dua tahap, yaitu sahnya shalat dan diterimanya shalat seseorang. Mengenai hal ini Rasulullah SAW bersabda yang artinya :

“Barang siapa yang membeli baju seharga sepuluh ribu dirham, sedangkan padanya terdapat satu dirham berupa uang haram. Allah SWT tidak akan menerima shalatnya selama ia mengenakan baju tersebut.” (HR, Ahmad dari Ibnu Umar)

Dalam shalat berjamaah harus dilakukan tepat waktu dan di Masjid, serta dengan kekhusyukan dalam shalat berjamaah.

  1. Nilai pahala shalat berjamaah

Keutamaan dalam shalat berjamaah pastinya lebih banyak dibandingkan dengan yang shalat sendirian. Dalam buku Mutiara Shalat Berjamaah menjelaskan bahwa shalat berjamaah meraih pahala 27 derajat.

M. Nurkholis menyebutkan bahwa shalat sendirian diibaratkan seperti halnya domba yang terpisahkan dari kawanannya sehingga akan memudahkan para binatang buas memangsanya.

Sedangkan bagi yang melaksanakan shalat berjamaah ibaratkan domba yang selalu kompak bersama-sama sehingga tidak memudahkan para binatang buas menyerangnya.

Sebagai mana hadist yang menjelaskan keutamaan shalat berjamaah yang dikutip dari Islam.nu.or.id.

صَلَاةُ الْجَمَاعَةِ تَفْضُلُ صَلَاةَ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً

Artinya: “Salat berjamaah melampaui salat sendirian dengan (mendapatkan) 27 derajat.” (HR. Bukhari)

  1. Dijauhkan dari berbagai sifat buruk, salah satunya sifat munafik

Keutamaan dari shalat berjamaah dapat dihindarkan dari sifat munafik, sebab orang akan mudah mempunyai sifat munafik jika bermalas-malasan dalam shalat. Seperti yang terdapat pada surat An Nisa ayat 142, yang artinya :

“Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah. Dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk shalat, mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya’ (dengan shalat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali.” (An Nisa ayat 142).

Nabi SAW juga bersabda :

“Tidaklah ada shalat yang lebih berat bagi orang-orang munafik melebihi shalat Shubuh dan Isya’. Dan seandainya mereka mengetahui pahala pada keduanya, niscaya mereka akan datang (berjemaah) meskipun dengan merangkak.” (Muttafaqun ‘alaih).

  1. Diampuni dosa-dosanya oleh Allah SWT Keutamaan shalat berjamaah adalah diampuni dosanya oleh Allah SWT, baik untuk laki-laki maupun Perempuan. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang artinya :

“Jika seorang imam mengucapkan “ghoiril maghdhubi ‘alaihim waladhdholliiin”, maka makmumnya ucapkan Aamiiin, karena sesungguhnya siapa yang mengucapkan amin bersamaan dengan ucapan malaikat maka ia akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”

Itulah beberapa keistimewaan dan keutamaan shalat berjamaah.#

Pos terkait

Tinggalkan Balasan