Scroll untuk baca artikel
Pemilu 2024
News

Dampingi Atlet Pelajar di Popnas XVI Tahun 2023, Ketum KONI Kota Pontianak Tunjukkan Peran Pembinaan Cabang Olahraga

370
×

Dampingi Atlet Pelajar di Popnas XVI Tahun 2023, Ketum KONI Kota Pontianak Tunjukkan Peran Pembinaan Cabang Olahraga

Sebarkan artikel ini
Dampingi Atlet Pelajar di Popnas XVI Tahun 2023, Ketum KONI Kota Pontianak Tunjukkan Peran Pembinaan Cabang Olahraga
Dampingi Atlet Pelajar di Popnas XVI Tahun 2023, Ketum KONI Kota Pontianak Tunjukkan Peran Pembinaan Cabang Olahraga. Foto/Istimewa.

KALBAR SATU ID – Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (Ketum KONI) Kota Pontianak, H. Nanang Setiabudi, S.Sos., melakukan pendampingan Atlet Pelajar yang berasal dari Kota Pontianak, pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XVI Tahun 2023.

Popnas kali berlangsung di Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) selama 9 hari lamanya, yaitu sejak 26 Agustus hingga 3 September 2023.

Advertiser
Banner Ads

Pada event kali ini, ada puluhan atlet pelajar Kota Pontianak, yang selama ini dibina oleh Pengurus Cabang Olahraga (Pengcabor) di bawah naungan KONI Kota Pontianak.

Sehingga, untuk memotivasi para atlet ini, maka Ketum KONI Kota Pontianak, sesuai undangan dari Kepala Disporapar Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) untuk melakukan pendampingan.

“Saya hadir langsung di Palembang, memantau dan memotivasi atlet-atlet yang bertanding. Hingga Senin (28/8/2023), sudah ada beberapa atlet pelajar dari Cabor yang bertanding,” ujar Ketum KONI kota Pontianak.

Pak Nanang, panggilan akrabnya menyatakan bahwa pembinaan Atlet Cabor di Kota Pontianak, dilakukan secara simultan dan bersama-sama dengan berbagai pihak. Hal ini dilakukan untuk melahirkan atlet terbaik dengan prestasi nasional.

“Pembinaan prestasi, yang meliputi latihan dan persiapan pertandingan, dilakukan langsung oleh Pengcabor lewat klub. Lalu ada sinergis dari Dispopar Kota Pontianak melalui KONI pada dana-dana pembinaan. Tentunya ini kerja sama yang harus terus ditingkat, termasuk dengan stakeholder lainnya,” ungkap Pak Nanang.

Baca juga: Dua Pria di Rasau Jaya Ditangkap Polisi Saat Nyabu di Pangkalan Pasir

Untuk itu, ia pun berharap, agar ke depannya, pembinaan Atlet Berprestasi, termasuk Atlet Pelajar, bisa terus dilakukan secara berkesinambungan. Pihaknya juga tidak membatasi status atlet tertentu, karena pada dasarnya semua atlet di Kota Pontianak, berhak mendapatkan pembinaan terbaik, yang sesuai dengan prosedur.

“Apalagi saat ini, selain adanya Popnas bagi Atlet Pelajar, Cabor-cabor yang ada juga dalam persiapan maupun pelaksanaan Kualifikasi PON (Pra-PON). Mereka berjuang untuk lolos PON. Termasik atlet dari Kota Pontianak, yang hingga saat ini sudah ada yang lolos ke PON XXI Aceh-Sumut Tahun 2023,” paparya.

Untuk tingkat Kalbar sendiri, ada 113 Atlet Pelajar yang tergabung dalam kontingen. Kontingen Provinsi Kalbar optimis mampu meraih prestasi terbaik dengan target meraih posisi 10 besar nasional.

113 Atlet Pelajar yang berlaga di Popnas kali ini sudah disiapkan kontingen Kalbar dan merupakan hasil dari Pra Popnas 2022 di Provinsi Lampung dan juga Pekan Olah Raga Pelajar Daerah (Popda) Kalbar 2023 yang didakan pada Juni lalu.

Kontingen Popnas Kalbar yang dikomandoi oleh Disporapar Kalbar dan mengikuti 16 Cabang Olahraga (Cabor) dari 22 Cabor yang dipertandingkan.

Adapun 16 Cabor yang akan diikuti tersebut, antara lain Bola Basket, Voli Indoor, Pencak Silat, Tinju, Bulutangkis, dan Renang.

Kemudian juga ada Cabor Karate, Balap Sepeda, Wushu, Panjat Tebing, Taekwondo, Menembak, Atletik, Kempo, Angkat Besi, dan Panahan.

Dengan membawa motto, berprestasi untuk daerah, para atlet bertekad (Bisa) meraih hasil terbaik dan membawa medali emas untuk Kalbar.

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Dito Ariotedjo secara resmi membuka Popnas XVI Tahun 2023 di Palembang Sport and Convention Center (PSCC) Palembang, Sumatera Selatan. 10 ribu lebih siswa hadir memeriahkan even dua tahunan pelajar tingkat nasional ini.

Rangkaian opening ceremony even olahraga dimulai sekitar pukul 19.35 WIB. Diawal ditampilkan tarian-tarian penyambutan khas Sumsel, kemudian dilanjutkan dengan tarian-tarian nusantara, kemudian pemutaran video cinematic POPNAS XVI di layar lebar dengan diiringi musik rancak dan permainan lampu led yang menawan.

Untuk diketahui Popnas XVI Tahun 2023 digelar sejak 26 Agustus hingga 3 September 2023, dihadiri 10.737 orang.

Diikuti peserta dari 34 provinsi di Indonesia dengan mempertandingkan 22 Cabor, yaitu Atletik, Angkat Besi, Balap Sepeda, Bola Basket, Voli Indoor, Bulutangkis, Dayung, Judo, Karate, Kempo, Menembak, Panahan, Panjat Tebing, Pencak Silat, Renang, Senam, Sepak Takraw, Sepak Bola, Taekwondo, Tenis, Tinju, Wushu dan 335 nomor pertandingan.

Dari 22 cabor itu didalamnya terdapat 14 Cabor Unggulan DBON di antaranya Atletik, Senam, Taekwondo, Pencak Silat, Renang, Sepakbola, Menembak, Wushu, Karate, Bola Basket, Panahan, dan beberapa Cabor Non Unggulan DBON seperti Sepak Takraw, Tinju dan Voli Pasir. 11 cabor diantaranya digelar Jakabaring Sport Center.

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita