Scroll untuk baca artikel
News

Tutup KKN Tematik 2023, Poltekkes Kemenkes Adakan Gebyar Dies Natalis ke-22

108
×

Tutup KKN Tematik 2023, Poltekkes Kemenkes Adakan Gebyar Dies Natalis ke-22

Sebarkan artikel ini
Tutup KKN Tematik 2023, Poltekkes Kemenkes Adakan Gebyar Dies Natalis ke-22
Tutup KKN Tematik 2023, Poltekkes Kemenkes Adakan Gebyar Dies Natalis ke-22. Foto/Istimewa.

PONTIANAK, KALBAR SATU – Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehataan (Poltekkes Kemenkes) Pontianak, menggelar penutupan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik 2023 untuk Mahasiswa Tingkat Akhir, yang ditandai dengan pelepasan jaket almamater pada mahasiswa peserta KKN.

Kegiatan yang dirangkaikan dengan kick off Dies Natalis ke-22 Tahun 2023 dan mengangkat tema “Bersinergi Bersama Dalam Mewujudkan Kampus Digital Berkualitas Global, Serta Membangkitkan Semangat Aktivitas Civitas Dalam Berkompetisi”.

Advertiser
Banner Ads

Dua rangkaian kegiatan tersebut berlangsung di Lapangan Kampus Pusat Poltekkes Kemenskes Pontianak, Jalan 28 Oktober, Kelurahan Siantan Hulu, Kota Pontianak, Rabu, 31 Mei 2023 dan ditandai dengan pemotongan pita dan pelepasan balon ke udara.

Baca juga: Waketum PBNU Hadiri Haflah Iktitam Alfiyah Ibnu Malik 1002 Bait Di Ponpes Walisongo Pontianak

Kegiatan dipimpin langsung oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Pontianak, Dr. Kelana Kusuma Dharma, S.Kp., M.Kes yang didampingi para wakil direktur (Wadir), para dosen, karyawan, dan mahasiswa serta civitas akademika lainnya.

Dalam sambutannya, Direktur Poltekkes Kemenkes Pontianak menyatakan bahwa kegiatan Dies Natalis ini untuk meningkatkan soft kill dan kompetensi mahasiswa dengan beberapa kegiatan perlombaan, di antaranya adalah ilmiah, olahraga, dan seni, yang semuanya untuk membangkitkan potensi mahasiswa.

“Nah nanti dari hasil ini, mahasiswa berprestasi akan diikutkan pada kegiatan di tingkat yang lebih tinggi, yaitu di provinsi, nasional, bahkan internasional,” ujarnya.

Dr. Kelana Kusuma juga menjelaskan, bahwa rangkaikan Dies Natalis yang berlangsung pada 31 Mei hingga 16 Juni 2023. Semua mahasiswa jurusan dan Prodi dari 4 kampus Poltekkes yang ada di Kalbar, yaitu dua kampus di Pontianak, Sintang, dan Singkawang.

“Jadi semuanya berkumpul di Kampus Pusat Poltekkes yang ada di Jalan 28 Oktober Pontianak. Semoga dengan kegiatan ini, seluruh civitas akademis Poltekkes bisa bersilaturahmi, sehingga terwujud kebersamaan,” papar Dr Kelana.

Baca juga: Jalan Sehat RAKERNAS IKA-PMII Di Pontianak Berhadiah 21 Paket Umroh Gratis

Selain melaksanakan kegiatan internal di kampus, Poltekkes Kemenkes Pontianak juga menggelar berbagai aktivitas social kemasyarakatan. Di mana tujuannya adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Selain kegiatan olahraga, ilmiah, dan seni, kami juga menggelar pengabdian kepada masyarakat di wilayah binaan sekitar kampus Poltekkes. Sehingga, wilayah-wilayah sekitar Poltekkes benar-benar terlepas dari masalah kesehatan masyarakat,” tuturnya.

Sedangkan pelaksanaan KKN Tematik diselenggarakan pada 7 kabupaten/kota, 16 kecamatan, dan beberapa kelurahan RT/RW. Di mana KKN Tematik dilakukan untuk meningkatkan kemandirian masyarakat dalam hidup sehat dan mengatasi berbagai maslaah kesehatan di wilayah binaan.

“Adapun peserta KKN Tematik mahasiswa akhir tahun 2023 ada 400an mahasiswa. Kegiatan KKN ini akan dilanjutkan dengan kegiatan-kegiatan pembinaan masyarakat di bidang kesehatan yang berkanjutan. Di antaranya pengabdian masyarakat dosen dan praktik mahasiswa di wilayah binaan tersebut,” kata Direktur Poltekkes.

“Insyaallah dengan adanya evaluasi dan kita tingkatkan. Pada tahun depan, KKN akan berlangsung selama setahun penuh terutama untuk pembinaan an pengbdian di masyarakat binaan,” lanjutnya.

Baca juga: Pembukaan KKN, Poltekkes Kemenkes Pontianak Hadirkan 1000 Peserta Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Adapun capaian KKN Tematik Tahun 2023 terwujudnya masyarakat hidup sehat, untuk mengatasi program kebersihan lingkungan, masalah gizi, kesehatan ibu dan anak, penurunan stunting, pola hidup sehat, dan masalah-masalah lainnya dalam keluarga.

“Karena program utama mereka selain pembinaan wilayah juga ada satu mahasiswa merawat atau melayani dan membina satu keluarga atau one student for one family, di mana mereka nanti mengevaluasi hasil capain mereka pada keluarga yang di mana, yaitu langsung masuk pada kelompok yang terkecil, yaitu kelompok keluarga, sesuai dengan motto Poltekkes Kemenkes Pontianak, “Global Quality, Digital Campus”,” pungkas Dr. Kelana.

Berlangganan Udpate Terbaru di Telegram dan Google Berita