Perempuan Berpendidikan sebagai Citra Perempuan Ideal

  • Whatsapp
Putriana (Aktivitis Perempuan
Putriana, Opini, Perempuan Berpendidikan

KALBARSATU.ID – Hari ini, 02 Mei 2020, kita memperingati Hari Pendidikan Nasional, yang ditetapkan untuk memperingati hari lahirnya tokoh pelopor pendidikan di Indonesia, pahlawan nasional Ki Hadjar Dewantara.

Sebagai aktivis perempuan yang gemar menulis tentang isu-isu perempuan, tentu saya akan menyoroti sisi perempuan dalam kaitannya terhadap dunia pendidikan.

Bacaan Lainnya

Alam pendidikan yang ditempuh oleh semua jenis manusia, laki-laki dan juga perempuan, dengan proses pendidikan yang setara, akan mampu menciptakan ruang kesetaraan bagi keduanya. Dan perempuan kini telah diberi leluasa untuk mengikuti proses pendidikan ini.

Maka tentu, perempuan sudah harus mampu menaikkan kualitas kehidupan, tak perlu lagi bergantung kepada pasangan, tak lagi harus menikmati status sosial dibalik unggulnya profesi suami. Karena dengan pendidikan perempuan tak akan mau mengekor sebagai penurut lagi, tak akan mau lagi dibodohi, tak mudah lagi termarjinalkan. Justru ia akan menjadi partner yang baik dan setara bagi laki-laki, ia pun bisa berkarir untuk menunjang kebutuhan keluarga dan diri sendiri dan tentunya dapat menjadi insan yang independen-mandiri.

Pos terkait