Bantu Warga Terdampak Korona, Yoggy Perdana Putra dan DPD Gerindra Kalbar Bagikan Beras dan Masker

  • Whatsapp
Anggota Fraksi Gerindra DPRD Kota Pontianak Yoggy Perdana Putra menyalurkan bantuan beras kepada masyarakat terdampak wabah korona di wilayah Kecamatan Pontianak Utara, Minggu (12/04/2020)

KALBARSATU.ID – Anggota Fraksi Gerindra DPRD Kota Pontianak Yoggy Perdana Putra menyalurkan bantuan beras kepada masyarakat terdampak wabah korona di wilayah Kecamatan Pontianak Utara, Minggu (12/04/2020).

Tak cuma beras, ribuan helai masker juga ikut dibagikan pada aksi sosial di sejumlah kelurahan di Pontianak Utara tersebut.

Ditemui ketika menyerahkan beras dan masker, legislator dari dapil Kecamatan Pontianak Utara itu mengatakan bahwa penyaluran bantuan tersebut merupakan bentuk perhatian Partai Gerindra atas wabah korona.

Aksi sosial ini, kata dia, bertujuan meringankan beban masyarakat yang terkena dampak kebijakan pembatasan sosial akibat korona.

“Aksi sosial yang kita adakan ini merupakan upaya Partai Gerindra membantu mereka yang terkena dampak kebijakan pembatasan sosial dan pembatasan fisik akibat korona. Kita ketahui bersama, wabah ini memang sangat berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat,” ujarnya di Kelurahan Batu Layang, Kecamatan Pontianak Utara.

Yoggy menambahkan, penanganan dan penanggulangan pandemi korona yang tengah melanda hampir seluruh negara di dunia ini memang bukan lagi hanya menjadi tugas pemerintah, melainkan tugas seluruh elemen masyarakat.

Oleh karenanya, Ia pun mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bahu-membahu dan mengambil peran masing-masing dalam mencegah penularan virus korona.

Dalam aksi sosial tersebut, Yoggy juga turut memberikan tips kepada masyarakat agar terhindar dari penularan virus korona. Beberapa tips yang Ia bagikan antara lain disiplin jaga jarak fisik, cuci tangan sesering mungkin dan proaktif mengawasi mobilitas masyarakat di lingkungan masing-masing.

Masyarakat juga Ia anjurkan untuk mengurangi bahkan menghindari kontak fisik dengan warga atau pendatang, terutama yang dalam beberapa waktu belakangan melakukan perjalanan ke daerah-daerah yang telah ditetapkan masuk ke zona merah Covid-19.

“Disiplin jaga jarak, minimal dua meter dengan orang lain karena kita tidak pernah tahu apakah yang melakukan kontak dengan kita itu terinfeksi Covid-19 atau tidak. Selalu monitor warga yang masuk ke pemukiman kita masing-masing, terutama terhadap warga yang dari luar negeri atau daerah lain yang termasuk zona merah Covid-19,” tukasnya.

Aksi sosial bagi-bagi beras dan masker ini juga turut dilakukan oleh jajaran Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Provinsi Kalimantan Barat.

Dipimpin langsung Ketua DPD Partai Gerindra Kalbar Yuliansyah, pembagian beras dan masker dilakukan di wilayah Kecamatan Pontianak Utara dan Pontianak Timur.

Sama seperti gerakan sosial yang dilakukan sebelumnya, bantuan ini juga disalurkan kepada masyarakat umum, pemilik warung kecil, lembaga pendidikan, lembaga sosial, dan kelompok masyarakat lain yang terdampak wabah Covid-19.

“Hari ini kembali kami menyalurkan beras dan masker kepada masyarakat di Kecamatan Pontianak Utara. Sebelumnya, lima kecamatan lain di Kota Pontianak juga sudah kami bagikan sejak Jumat kemarin,” katanya.

Yuli, sapaan akrabnya, berujar kalau aksi bagi-bagi beras dan masker ini merupakan aksi yang ketiga kalinya dilakukan oleh partainya sejak Jumat (10/4/2020) lalu. Aksi tersebut dikatakannya akan terus berlanjut hingga Senin (13/4/2020) mendatang dengan turut menyasar masyarakat terdampak korona di wilayah Kabupaten Kubu Raya.

Pria yang belum genap sebulan memimpin Gerindra Kalbar ini pun berharap agar bantuan beras dan masker itu dapat bermanfaat bagi seluruh penerima. Kendati diakuinya kalau bantuan tersebut belum dapat menjangkau seluruh warga yang terdampak pandemi korona.

“Mudah-mudahan apa yang kita salurkan dapat membantu masyarakat yang terdampak. Semoga saja wabah ini segera berlalu agar kita semua bisa kembali beraktivitas seperti sediakala, ” harapnya.(*)