Harus diketahui! Manfaat Mandi Pagi

  • Whatsapp
Manfaat Mandi pagi
Mungkin banyak sekali orang yang tidak suka mandi di pagi hari, entah karena malas atau karena kedinginan. Padahal mandi di pagi hari sangat banyak manfaatnya.

Harus diketahui! Manfaat Mandi Pagi

KALBARSATU.ID — Mungkin banyak sekali orang yang tidak suka mandi di pagi hari, entah karena malas atau karena kedinginan. Padahal mandi di pagi hari sangat banyak manfaatnya.

Bacaan Lainnya

Dikutip dari holodoc.com, menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh yale school of medicine mengemukakan bahwa mandi di pagi hari memiliki banyak akan manfaat.

Mandi di pagi hari tidak hanya menjaga kebersihan, namun juga membantu menyegarkan kembali badan yang kaku. Sebab saat kamu mandi di pagi hari di waktu saat dingin, mampu membangkitkan syaraf-syaraf yang tadinya lemah menjadi segar kembali.

Ketika mandi di pagi hari kamu akan merasakan sesuatu yang berbeda, mulai dari pikiran yang terasa lebih jernih, suasana hati lebih riang, semangat dalam menjalani aktivitaspun juga akan lebih segar dari mereka yang tidak mandi pagi hari.

Berikut beberapa manfaat dari mandi di pagi hari :

  1. Suasana hati lebih riang
    Mandi di pagi hari tidak hanya membersihkan tubuh. Namun banyak manfaat lainnya, seperti halnya suasana hati dan pikiran akan otomatis lebih segar.

Hasil dari penelitian Virgina Coomonwealth University School Medicine memaparkan bahwa jika seseorang mandi di pagi hari dapat menstimulasi titik biru di otak yang merupakan sumber noradrenalin, semacam zat kimia organik dalam otak yang mana fungsinya adalah untuk mengurangi resiko terjadinya stress dan depresi pada seseorang.

Penelitian ini menyebutkan bahwa saat kulit tersirami oleh air dingin maka secara otomatis endorfin akan diproduksi. Fungsi hormon tersebut dapat mengurangi rasa sakit.

  1. Hasil penelitian yang dipaparkan dalam jurnal PLOS One menyebutkan bahwa ketika mandi pagi hampir sama dengan energi mengonsumsi kafein. Karena saat kulit tersentuh oleh air dingin tubuh akan merespon dengan “bernafas”, sebab adanya asupan oksigen di dalam kulit seseorang.

Dan seketika itu darah terpompa dengan cepat ke seluruh tubuh, detak jantung berdetak kencang, sehingga yang terjadi tubuh menjadi lebih berenergi setelah mandi di pagi hari.

  1. Daya tahan tubuh lebih kuat

Mandi di pagi hari bisa memperbaiki sirkulasi sehingga mendorong darah keseluruh tubuh. Sebab, saat tubuh tersentuh oleh air dingin dapat menyebabkan kinerja arteri dalam memompa darah, dan yang terjadi kesehatan jantung meningkat.

Selain itu, mandi di pagi hari bisa meningkatkan produksi sel darah putih tubuh yang perannya melawan berbagai jenis virus dan bibit-bibit penyakit. Alhasil, produksi sel darah putih menjadi meningkat dan daya tahan tubuh akan semakin kuat.

  1. Kondisi kulit dan rambut menjadi lebih baik

Mandi di pagi hari juga bisa memperbaiki kondisi kulit dan rambut, ini dikarenakan saat mandi pagi hari dengan air dingin dapat melembabkan serta mengencangkan pori-pori, alhasil kotoran tidak mudah masuk.

  1. Menurut hasil data kesehatan yang dipublikasikan oleh US National Library of Medicine memaparkan bahwa mandi di pagi hari dengan air dingin dapat membantu melatih sel saraf mengurangi dampak stres.

Mandi di pagi hari dengan air dingin membuat kamu lebih rileks dan bisa menstabilkan rasa emosi.

Nah itulah beberapa manfaat dari mandi di pagi hari dengan air dingin. Apakah masih malas mau mandi di pagi hari dengan air dingin?#

baca juga Diduga Selingkuhan Keyboardis Bandnya, Nissa Sabyan Dicap Pelakor

Pos terkait

Tinggalkan Balasan