Cegah Karhutla 2021, Pemdes Rasau Jaya Satu Gelar Apel Siaga

  • Whatsapp
Kepala Desa Rasau Jaya Satu (Kades RJ 1), Bambang Hermanto, S.Pd.I memimpin Apel giat siaga. Apel giat siaga itu dalam rangka mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan diwilayah khususnya Rasau Jaya Satu dan sekitarnya.
Kepala Desa Rasau Jaya Satu (Kades RJ 1), Bambang Hermanto, S.Pd.I memimpin Apel giat siaga. Apel giat siaga itu dalam rangka mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan diwilayah khususnya Rasau Jaya Satu dan sekitarnya.

Cegah Karhutla 2021, Pemdes Rasau Jaya Satu Gelar Apel Siaga

KUBU RAYA, KALBARSATU.ID – Kepala Desa Rasau Jaya Satu (Kades RJ 1), Bambang Hermanto, S.Pd.I memimpin Apel giat siaga.

Bacaan Lainnya

Apel giat siaga itu dalam rangka mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan diwilayah khususnya Rasau Jaya Satu dan sekitarnya.

Bersama unsur Babinsa dan Babinkamtibmas Rasau Jaya Satu dalam menindaklanjuti adanya laporan masyarakat terjadi kebakaran hutan dan lahan dibeberapa titik.

Kegiatan itu, melibatkan 30 Anggota Damkar Rasau Jaya Satu dan Basarnas Rasau Jaya serta Masyarakat Peduli Api (MPA) Rasau Jaya, diikut sertakan dalam upaya memadamkan api.

Kades RJ 1, Bambang Hermanto menyampaikan, melihat kondisi cuaca yang semakin panas dan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Pemdes bersama stakeholder menggelar siaga Api.

“Kebakaran ini sudah terjadi! Ada beberapa titik di Rasau Jaya Satu khususnya.”

“Maka dari itu kami mengadakan Apel siaga dalam upaya mencegah terjadinya kembali Karhutla,” ujar Bambang Hermanto, kepada redaksi MIT, saat ditanya usai gelar Apel siaga, Selasa (16/2) pagi.

Kemudian, Ia mengatakan sesudah gelar Apel itu, tim melakukan Patroli ke sejumlah titik yang rawan terjadi Karhutla.

“Upaya mencegah penyebaran api ke wilayah yang lain,” tutur Kades RJ 1.

Babinsa Rasau Jaya Satu, Sertu Budiono, selaku pembina dan pelatih Damkar Rasau Jaya menyampaikan.

Dia mengatakan, Babinsa dan Babinkamtibmas selalu memberikan pelatihan kepada Damkar bagaimana teknis Damkar yang profesional.

“Sebagai pembina Damkar, kami selalu memberikan pelatihan-pelatihan cara menggunakan mesin dan menyusun membuka selang.”

“Damkar ini dibawah naungan Desa Rasau Jaya Satu. Namun, penggunaannya tetap se-Kecamatan Rasau Jaya, apabila diperlukan,” terangnya.

Babinkamtibmas Rasau Jaya Satu, Aiptu Partono menghimbau kepada masyarakat agar selalu menjaga hutan dan lahan.

Dirinya juga mengajak bersama-sama mencegah terjadinya Karhutla agar lingkungan di Rasau Jaya Satu tetap aman dan bersih tanpa asap.

“Menindaklanjuti perintah Kapolres Kubu Raya, apabila kami sudah menghimbau, tetapi masih ada oknum yang bandel.

“kami akan tindak tegas secara hukum, siapapun dia! Sampai saat ini, kami berusaha memberikan teguran, sosialisasi, agar tidak terjadi Karhutla lagi,” tegasnya.

KemBasarnas Rasau Jaya Potensi Sar, Edi Sukardi., sebagai Basarnas juga turut aktif dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.

“Kami juga selalu mengantisipasi dan memantau titik Api yang ada di Rasau Jaya ini,” katanya.

Lanjut, Ketua MPA Rasau Jaya Satu, Sandirja, mengatakan MPA/Damkar selalu siaga yakni dengan Patroli bila ada respon titik api segera melakukan pemadaman.

“Kami siap apabila ada laporan masyarakat. Kami juga selalu mengikuti arahan dari Babinsa dan Babinkamtibmas, selaku pembina dan pelatih Damkar,” tutupnya.#

Pos terkait

Tinggalkan Balasan