Islam

Bacaan Doa Niat Puasa Syaban, Arab, Latin, Arti, Keutamaannya dan Doa Berbuka Puasa

×

Bacaan Doa Niat Puasa Syaban, Arab, Latin, Arti, Keutamaannya dan Doa Berbuka Puasa

Sebarkan artikel ini
Teks Bacaan Niat Puasa Nisfu Syaban berikut Jadwal Puasa Ayyamul Bidh 1443 Bulan Maret 2022
Rekomendasi Menu Buka Puasa dan Sahur 28 Maret 2023 Dijamin Lebih Hemat Tapi Nikmat. Foto/Instagram.

KALBAR SATU – Berikut bacaan doa niat puasa Syaban, arab, latin, arti dan keutamaannya.

Puasa Syaban adalah satu diantara puasa sunnah yang dianjurkan karena banyak keutamaan di dalamnya. Lalu seperti Apa bacaan dan doan Niat Puasa Syaban? 

Advertiser
Image
Banner Ads

Baca juga:Jadwal Puasa Sunnah Syaban 2022 Berikut Bacaan Niat dan Caranya

Amalan sunnah ini tidak sama dengan Puasa Ramadhan yang mengharuskan niat puasa sejak malam hari hingga sebelum subuh berdasarkan pendapat dalam Mazhab Imam Syafi’i. 

Terkait Niat puasa sunnah Puasa Syaban, seperti dijelaskan Ustaz Muhammad Saiyid Mahadhir dari Rumah Fiqih Indonesia, tak ada syarat meniatkan khusus pada waktu tertentu. 

Baca juga:Teks Bacaan Niat Puasa Nisfu Syaban berikut Jadwal Puasa Ayyamul Bidh 1443 Bulan Maret 2022

Sehingga, meski matahari sudah terbit bila perut belum diisi oleh makanan dan minuman semenjak subuh maka boleh pada saat itu boleh berniat puasa sunnah.

Rujukannya adalah cerita Aisyah ra berikut:

دَخَلَ عَلَيَّ النَّبِيُّ  ذَاتَ يَوْمٍ فقال : هَلْ عِنْدَكُمْ مِنْ غَدَاء ؟ فقُالْنَا: لاَ. قَالَ: فَإِنيِّ إِذاً صَائِم

Baca juga: Tanggal dan Hari Apa Puasa Syaban 2022? Ini Jadwal Kapan Puasa Nisfu Syaban & Bacaan Niat Puasa Sunnah

Dari Aisyah radhiyallahuanha berkata bahwa Rasulullah SAW datang kepadaku pada suatu hari dan bertanya, “Apakah kamu punya makanan?”. Aku menjawab, ”Tidak”. Beliau lalu berkata, ”Kalau begitu aku berpuasa”. (HR. Muslim)

Bacaan atau doa niat puasa Syaban, Arab, Latin dan Artinya:

Arab:
نويت صوم غد عن شهر شعبان سنة لله تعالى.

Latin : Nawaitu shauma ghadin ‘an syahri sya’ban sunnatan lillaahi ta’ala.

Artinya : Saya niat berpuasa besok dari bulan Syaban sunnah karena Allah Ta’ala.

Dalam mazhab Imam Syafii yang sebagian besar dianut Muslim Indonesia tidak afdhol bila belum melafazkan niat. Imam As-Syafi’i seperti yang dinukil oleh Imam Nawawi dalam Al-Majmu’, jiid 6, hal. 248 menegaskan:

ومحل النية القلب ولا يشترط نطق اللسان بلا خلاف، ولا يكفي عن نية القلب ولكن يستحب التلفظ مع القلب.

“Tempat niat itu adalah hati dan tidak disyaratkan diucapkan dengan lidah, dan tidak cukup dengan niat hati, namun dianjurkan/disukai untuk melafazkan (dengan lidah) bersamaan dengan niat di hati.”

Cara Puasa Syaban 

Cara mengamalkan puasa Syaban  sama seperti menjalankan puasa sunnah lainnya, yaitu:

  1. Membaca Niat Puasa
     
  2. Makan Sahur
  3. Menahan Diri dari yang Membatalkan Puasa 
  4. Memperbanyak amal ibadah
  5. Membaca Doa

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Latin: Allahumma Innaka ‘afuwwun tuhibbul’afwa fa’fu ‘annii

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf suka memberi maaf, maka maafkanlah daku”.

  1. Menyegerakan Berbuka Puasa Doanya:

اللَّهُمَّ لَك صُمْت وَبِك آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ ، ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتْ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ الْأَجْرُ إنْ شَاءَ اللَّهُ .

Allahumma laka shumtu wabika aamantu wa ‘ala rizqika afthartu dzahabadhdhomau wabtallatil ‘uruuqu wa tsabatal ajru insyaa Allah.

Berikut Keutamaan Puasa Bulan Syaban

Pertama Diangkatnya Amalan Ibadah

Melansir dari Pusat Kajian Hadis, amalan harian manusia di laporkan setiap bakda shubuh dan ashar, amalan mingguannya setiap hari senin dan amalan tahunan pada Bulan Syaban.

Hal ini sesuai hadits Rasulullah SAW.

أَخْبَرَنَا عَمْرُو بْنُ عَلِيٍّ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ قَالَ حَدَّثَنَا ثَابِتُ بْنُ قَيْسٍ أَبُو الْغُصْنِ شَيْخٌ مِنْ أَهْلِ الْمَدِينَةِ قَالَ حَدَّثَنِي أَبُو سَعِيدٍ الْمَقْبُرِيُّ قَالَ حَدَّثَنِي أُسَامَةُ بْنُ زَيْدٍ قَالَ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ لَمْ أَرَكَ تَصُومُ شَهْرًا مِنْ الشُّهُورِ مَا تَصُومُ مِنْ شَعْبَانَ قَالَ ذَلِكَ شَهْرٌ يَغْفُلُ النَّاسُ عَنْهُ بَيْنَ رَجَبٍ وَرَمَضَانَ وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيهِ الْأَعْمَالُ إِلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ

Telah mengabarkan kepada kami [‘Amr bin ‘Ali] dari [‘Abdurrahman] dia berkata; telah menceritakan kepada kami [Tsabit bin Qais Abu Al Ghushn] – seorang syaikh dari penduduk Madinah – dia berkata; telah menceritakan kepadaku [Abu Sa’id Al Maqburi] dia berkata; telah menceritakan kepadaku [Usamah bin Zaid] dia berkata; Aku bertanya; “Wahai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, aku tidak pernah melihat engkau berpuasa dalam satu bulan sebagaimana engkau berpuasa di bulan Sya’ban?” Beliau bersabda: “Itulah bulan yang manusia lalai darinya; -ia bulan yang berada- di antara bulan Rajab dan Ramadlan, yaitu bulan yang disana berisikan berbagai amal, perbuatan diangkat kepada Rabb semesta alam, aku senang amalku diangkat ketika aku sedang berpuasa.” (Nasai 2317).

Kedua Puasa Bulan Syaban Terbaik setelah Ramadhan

Puasa Bulan Syaban merupakan puasa yang terbaik setelah Ramadhan. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam At Tirmidzi di nomor 599 disebutkan bahwa Rasulullah SAW telah bersabda:

عَنْ أَنَسٍ قَالَ سُئِلَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ الصَّوْمِ أَفْضَلُ بَعْدَ رَمَضَانَ فَقَالَ شَعْبَانُ لِتَعْظِيمِ رَمَضَانَ قِيلَ فَأَيُّ الصَّدَقَةِ أَفْضَلُ قَالَ صَدَقَةٌ فِي رَمَضَانَ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ غَرِيبٌ وَصَدَقَةُ بْنُ مُوسَى لَيْسَ عِنْدَهُمْ بِذَاكَ الْقَوِيِّ

Dari Anas dia berkata, Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam ditanya tentang puasa yang paling utama setelah Ramadlan, Beliau menjawab: “Bulan Sya’ban untuk memuliakan Ramadlan, ” Beliau ditanya lagi, lalu Shadaqah apa yang paling utama? Beliau menjawab: “Shadaqah di bulan Ramadlan.” Abu ‘Isa berkata, ini adalah hadits gharib dan menurut ahlul hadits Shadaqah bin Musa bukanlah rawi yang kuat.

Menyalinkode AMP