Gelar Aksi Sosial di Bulan Ramadhan, Baguna Kalbar Bagikan Paket Takjil dan Masker Kain

  • Whatsapp
Tampak Kepala Baguna PDI Perjuangan Kalbar Angeline Fremalco mempersiapakan takjil dan masker untuk dibagikan kepada masyarakat Pontianak-,Foto/RJ

KALBARSATU.ID – Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDI Perjuangan Kalimantan Barat melakukan gerakan sosial di bulan Ramadhan. Gerakan sosial tersebut mereka lakukan dengan membagikan paket makanan untuk berbuka puasa dan masker kain. Ratusan paket pun mereka salurkan di sejumlah lokasi di Kota Pontianak.

Kepala Baguna PDI Perjuangan Kalbar Angeline Fremalco mengatakan, aksi tersebut merupakan bentuk kepedulian terhadap sesama. Melalui gerakan tersebut, perempuan yang kerap disapa Angel ini juga ingin mengampanyekan pentingnya penggunaan masker saat pandemi korona kepada masyarakat luas.

“Kita ingin mengampanyekan penggunaan masker kain pada masyarakat. Karena jika dilihat, masih ada masyarakat yang belum disiplin dalam menggunakan masker jika keluar rumah,” ujar perempuan yang kerap disapa Angel ini di Pontianak, Senin (27/4/2020).

Dalam aksinya, anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat ini juga turut menyosialisasikan tentang kewajiban menggunakan masker kepada masyarakat. Seperti diketahui, beberapa waktu lalu Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan pernyataan yang mewajibkan seluruh masyarakat untuk menggunakan masker. Tanpa peduli siapapun, yang sakit ataupun tidak, semua diwajibkan mengenakan masker.

“Kita ingin masyarakat semakin sadar bahwa ini sangat membantu memutus rantai Covid-19. Masker yang kita pakai menjaga virus ini menyebar kepada orang lain dan orang lain menjaga kita. Jadi memang maskerku menjagamu dan mastermu menjagaku,” tukasnya.

Terkait jenis masker yang digunakan, putri kandung mantan Gubernur Kalbar Cornelis ini menyarankan agar masyarakat lebih memilih menggunakan masker kain. Selain mudah didapat, penggunaan masker kain juga jauh lebih ekonomis karena bisa dipakai berulang kali.

“Masker kain sekarang ini sudah sangat gampang untuk ditemukan. Banyak dijual di pasaran dan jauh lebih hemat karena bisa dipakai berulang-ulang dan dicuci. Gerakan penggunaan masker ini terus kita gaungkan dan kita sampaikan ke masyarakat bahwa memakai masker ini wajib,” tandasnya.(Njb)