Penjahit Binaan Dompet Ummat Membuat 5000 Masker

  • Whatsapp
Penjahit binaan dompet ummat (ist)

KALBARSATU.ID – Dompet Ummat memberdayakan penjahit binaannya membuat sebanyak 5.000 masker kain. Masker itu nantinya akan dibagikan kepada masyarakat secara cuma-cuma.

Manager Fundraising Dompet Ummat Aries Pratama mengatakan pembuatan masker ini sebagai bentuk dukungan dalam melawan penyebaran covid-19.

Ia menjelaskan dana untuk pembuatan masker didapatkan dari donasi masyarakat. Saat inipun proses penghimpunan dana untuk pembuatan masker gratis itu masih berlangsung.

“Terimakasih kepada masyarakat yang telah berdonasi kepada Dompet Ummat,” kata Aries di Pontianak, kemarin.

Aries menjelaskan upaya itu dilakukan seiring dengan kebijakan pemerintah yakni mewajibkan bepergian menggunakan masker guna mencegah penyebaran covid-19. Sementara itu dilanjutkannya, masker sendiri untuk saat ini bisa terhitung langka.

Aries pun menyebutkan masker medis yang dulunya mudah di temukan dengan harga per kotak 26 ribu hingga 28 ribu kini akibat kelangkaan bisa mencapai 400ribu rupiah per kotak.
“Harga yang kian melonjak tentulah tidak semua kalangan bisa menggunakannya. Sekarang masyarakat berbondong-bondong mencari masker kain di pasaran, yang kemudian juga ikut langka,” kata Aries.

Salah seorang penjahit binaan Dompet Ummat Windi mengeluh pendapatannya berkurang akibat wabah corona ini. “Sebelum masa corona, orang-orang pada ngantri mau jahit. Apalagi apa lagi menjelang Ramadan. Dalam situasi sekarang, penghasilan hanya cukup untuk sehari-hari,” keluh Windi.

Windi pun berterima kasih dengan program dari Dompet Ummat untuk pembuatan masker. Adanya program ini bisa menambah pendapatannya dan sekaligus memenuhi kebutuhan masyarakat akan masker kain.

Manager Fundraising Dompet Ummat Aries Pratama menambahkan saat ini pihaknya juga menggalang dana untuk Alat Pelindung Diri (APD), extra fooding bagi tim medis dan sembako untuk masyarakat yang terdampak corona.

“Bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi bersama Dompet Ummat bisa menyalurkan via rekening Bank Mandiri 146.000.496.614.4 atau via rekening BNI Syariah 023.5359.406,” sebut Aries. (*)

Gerindra Kalbar